Dekranasda Kabupaten Nias Selenggarakan Pelatihan Lanjutan Dan Penyerahan Bahan Pembantu Tenun 2020

oleh -116 views
Foto bersama peserta pelatihan petenun Kabupaten Nias.

NIAS, Selasa (1/12/2020) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan fasilitasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), selenggarakan pelatihan lanjutan dan penyerahan bahan pembantu tenun tahun anggaran 2020, bertempat di hotel S’three, Selasa (1/12).

Sekretaris Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Filina Baeha menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan pelatihan penenun tersebut untuk meningkatkan kapasitas atau pengetahuan para perajin tenun agar perajin dapat memproduksi tenun yang berkualitas. Para peserta penenun berasal dari masyarakat Kabupaten Nias.

“Sebelumnya peserta penenun ini berjumlah 15 orang, namun hingga saat ini tinggal 4 orang lagi yang bertahan untuk berlatih menenun yaitu Yasani Ndraha, Adirwanmawati Hulu, Samaria Mendrofa, Enilia Halawa. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari di mulai hari ini tanggal 1 Desember sampai 5 Desember 2020 bertempat di lantai I hotel S’three di Desa Sifalaete Tabaloho,” jelas Filina Baeha.

Pada kesempatan yang sama narasumber, Ribkah Deliana Zagoto alias Ade memberikan motivasi kepada peserta.

“Untuk berjuang membuat kain bukan hal mudah, bahkan kalau pun sudah jadi belum tentu orang lain suka, namun kita tetap semangat untuk belajar. Saya berharap ada kain khas dari Kepulauan Nias,” ucap Ade memotivasi peserta.

Pada sambutannya Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Murni T. Hulu menyampaikan tahapan pelatihan tenun di Kabupaten Nias.

“Pelatihan tenun hari ini sudah ke tiga kali, dan khusus untuk pelatihan ke 3 ini kita menghadirkan langsung pelatih tenun orang Nias yang telah berpengalaman di bidangnya. Kita berharap nantinya para perajin tenun di Kabupaten Nias dapat menghasilkan tenun yang berkualitas,” harap Murni T. Hulu.

Bupati Nias yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias, Desmon Zebua menyampaikan dukungan pada kegiatan pelatihan penenun tersebut.

“Saya menyambut baik kegiatan pelatihan tenun ini, untuk itu saya harap ini dapat berjalan dengan baik sehingga para peserta dapat menciptakan kain yang berkualitas. Saya juga berharap kepada pelatih dan peserta dapat meluangkan waktunya sebaik mungkin,” ucap Desmon Zebua.

Desmon Zebua juga menyampaikan jika saat ini Pemerintah telah bekerjasama dengan toko online, seperti buka lapak dalam mempromosikan hasil karya tenun peserta.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *