DD Suka Damai Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur Tahun 2019, Terancam Tak Bisa Dicairkan

oleh -144 views
Kanan, Syahrial Ketua TPG Suka Damai, Kiri, Syahrial Sekdes Suka Damai.

ACEH TIMUR, Sabtu (19/10/2019) suaraindonesia-news.com – Menjelang akhir bulan Oktober 2019, Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) Tahun 2019, Gampong Suka Damai, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, terancam tak bisa di cairkan.

Pasalnya, Keuchik sampai saat ini belum menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) terhadap realisasi kegiatan APBG tahun 2018.

Menurut keterangan Ketua Tuha Peut Gampong (TPG) Syahrial selaku badan pengawas yang turut di dampingi Sekretaris Desa, Anwar kepada media menjelaskan bahwa persoalan Gampong Suka Damai sangat rumit, pasalnya Keuchik tidak transparan dalam mengelola Dana Desa, berdasarkan realisasi di lapangan banyak item kegiatan yang dikerjakan tidak sesuai dengan spesifikasi.

“Kami telah melaporkan Keuchik kepada Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Syamaun dan Inspektorat Daerah pada tanggal 23 September 2019, agar mengaudit dana Gampong Suka Damai anggaran tahun 2018,” terangnya.

Ada 17 point yang di sampaikan dalam surat laporan, diantaranya, kegiatan pembangunan air bersih (pamsimas) tidak sesuai realisasi di lapangan, mengambil honor ganda Keuchik merangkap kepala PAUD, dan ibu PKK, serta sejumlah kegiatan lainnya diduga bermasalah.

Menindak lanjuti laporan masyarakat, tim Inspektorat daerah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Timur minggu lalu telah turun langsung ke Gampong Suka Damai bertemu dengan Keuchik dan tokoh masyarakat untuk mengaudit dan meminta keterangan langsung terkait polemik di gampong tersebut, namun sampai saat ini belum ada kejelasan terhadap tindak lanjut nya, sedangkan waktunya tinggal 2 bulan lagi, di khawatirkan realisasi program khususnya pekerjaan fisik tidak akan selesai, jika ini terjadi akan merugikan masyarakat.

Berdasarkan alokasi APBG Gampong Suka Damai tahun 2019 berjumlah Rp 937.915.600.- dengan rincian sumber APBN Rp, 762.192.000,- alokasi dana gampong APBK Aceh Timur Rp,173.980.000.- PAD gampong penghasilan Pajak Rp, 1.531.300 dan retribusi Rp. 212.300.-

Menurut Keuchik Gampong Suka Damai, Ti Aisyah, S.Pd kepada media, bahwa sejak tahun 2015 sampai tahun 2017, tidak ada masalah dengan hasil kegiatan gampong, hal tersebut berdasarkan hasil audit pihak kabupaten, sedangkan kegiatan tahun 2018 sudah selesai di kerjakan.

Lebih lanjut keuchik berharap kepada Kepala Inspektorat dan DPMG Aceh Timur, agar segera memberikan kejelasan terkait masalah yang di hadapi Desanya, agar Desanya bisa menarik uang tahap pertama, kasian juga perangkat Desa sudah 10 bulan belum dapat gaji serta program kegiatan fisik lainnya, ucap Ti Aisyah.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *