Daster Si Ipah Inisisasi Baru DLH Kota Probolinggo Untuk Mengurangi Permasalahan Sampah Rumah Tangga

oleh -43 views
Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati didampingi Camat Wonoasih, Deus Nawandi serahkan bantuan kompos hasil Gerakan Daster Si Ipah Kepada Ibu Ketua Bhayangkari Probolinggo Kota, Rabu (9/6/21).

PROBOLINGGO, Rabu (9/6/2021) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo sosialisasikan Gerakan Dengan Komposter, Siap Pilah Sampah (Daster Si Ipah) di Perum Pakis Taji RW.07 Kelurahan Pakistaji, Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo, drg. Ninik Ira Wibawati dan dihadiri oleh Sharma Wanita Kota Probolinggo, Ketua Bhayangkari Kota Probolinggo, Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kota Probolinggo, Kepala DLH beserta jajarannya, Camat Wonoasih dan kader lingkungan, Rabu (9/6/21).

Sekda Ninik mengatakan, bahwa Kota Probolinggo saat ini dihadapkan pada permasalahan kompleks terkait sampah, Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat masih tercampur dan belum dipilah.

“Terjadinya peningkatan yang cukup signifikan untuk sampah yang diakut ke TPA menunjukan adanya produksi sampah perindividu yang semakin meningkat,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan adanya peningkatan produksi sampah tersebut Pemkot Probolinggo telah berinvovasi mengembangkan kegiatan pengomposan dengan melibat sejumlah stakeholder melalui gerakan Daster Si Ipah.

“Tujuan memilah sampah dan mengompos melalui gerakan Daster Si Ipah adalah sebagai upaya menurunkan timbunan sampah dan mengurangi pencemaran akibat sampah,” ungkapnya.

Sementara Agung Mujiono, Kader Lingkungan RW.07 Perum Pakistaji mengatakan, bahwa gerakan Daster Si Ipah adalah kegiatan gerakan mengompos sampah organik rumah tangga yang dilakukan oleh para ibu -ibu rumah tangga dengan harapan sampah yang dihasilkan dari rumah tangga bisa berkurang, terutama sampah sisa makanan/sampah dapur.

Dia katakan, dilingkungan tempat tinggalnya juga dilaksanakan pengomposan sampah organik (sampah daun kering, sampah sisa makanan/sampah dapur) menggunakan komposter skala rumah tangga selama hampir 3 tahun.

“Untuk saat ini ada 11 titik pengkompos sampah dari limbah rumah tangga yang ada di Kelurahan Pakistaji tepatnya di RW 7, Harapannya melalui gerakan Daster Si Ipah dapat memberikan pembelajaran sejak dini terkait pengolahan sampah dengan melibatkan sejumlah stake holder,” sebutnya.

Ia juga katakan, kegiatan Daster Si Ipah ini merupakan inisiasi baru dari DLH Kota Probolinggo untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah tahun 2030, untuk mengurangi permasalahan sampah di Kota Probolinggo, memberikan pembelajaran pemilahan sampah sedari dini kepada masyarakat, mengurangi sampah makanan yang masuk ke TPA, dan pelibatan berbagai unsur elemen masyarakat dan stakeholder dalam pengelolaan sampah.

“Kegiatan-kegiatan tersebut sudah dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal kami di RW.07 Perum Pakistaji Kelurahan Pakistaji ini. Kami warga disini sudah mengimplementasikan kegiatan tersebut,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa Daster Si Ipah ini menjadi sebagai salah satu rangkian dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021 yang diinisasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo. (ADV).

Reporter : S.Widjanarko.
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *