Darwin: Bupati Aceh Timur Harus Tindak Tegas Bawahannya Bila Pendataan DTKS Tak Sesuai Juknis

oleh -180 views
Foto : Darwin, Aktivis Pegiat Sosial dan Kebijakan Publik. (Foto: Masri/SI).

ACEH TIMUR, Kamis (23/04/2020) suaraindonesia-news.com – Pemutakhiran data Keluarga Miskin di Aceh Timur untuk usulan dan perbaikan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagaimana intruksi Kemendes dan PDT serta Intruksi Bupati Aceh Timur harus benar-benar akurat dan valid, jangan sampai kedepan tidak ada keluarga miskin yang tidak masuk dalam DTKS, tumpang tindih serta salah sasaran. Pernyataan tersebut dikatakan Darwin Aktivis Pemerhati sosial dan Kebijakan Publik.

“Kita berharap Tim pendataan baik Kadus, Keuchik harus betul betul teliti dan cermat, tak boleh diskriminasi serta tebang pilih,” Kata Darwin kepada media suaraindonesia-news.com. Kamis (23/04) di Indatu Kupi Idi Rayeuk.

“Ini kesempatan bagi keluaga miskin yang selama ini tidak mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah, bisa di usulkan dalam DTKS, serta mencoret penerima bantuan sosial bagi keluraga yang mampu selama ini menikmati bantuan sosial pemerintah yang bukan hak nya,” imbuhnya.

Darwin menegaskan dalam proses pendataan dan penyeleksian keluarga yang di usulkan dalam DTKS harus transparan melalui mekanisme Mustawarah Desa (Musdes). Tidak asal tunjuk.

“Bupati Aceh Timur harus mengawasi dan mengontrol kinerja bawahan nya untuk memastikan bekerja sesuai dengan juknis, prinsip keadilan, transparan, menindak tegas Keuchik, TKSK dan Camat bila ada yang lalai serta tidak bekerja sesuai aturan,” tegas Darwin.

Menurunya, penerima bantuan sosial seperti PKH, BSP, BNPT, KIS, KIP, Subsidi listrik, bea siswa, rumah dhuafa dan zakat benar mulai tahun 2020 harus benar- benar berbasis data yang valid dan akurat.

“Kita mensinyalir ada sejumlah Desa/gampong, pendataan asal- asalan tanpa melalui mekanisme Musdes, ini sangat berbahaya, keakuratan data sangat lemah dan amburadul,” ucap Darwin.

Darwin menmbahkan, mengingat pengusulan dan perbaikan DTKS sangat mendesak, Keuchik, TKSK dan Camat harus bekerja cepat dan ekstra, apalagi dalam waktu dekat adanya bantuan tunai langsung tanggap dampak Covid-19.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *