Dandim 0110/Abdya Imbau Perkebun Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

oleh -225 views
Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T.

ABDYA, Jumat (7/2/2020) suaraindonesia-news.com – Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T, menghimbau masyarakat dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk bersama-sama menjaga dan mencegah terjadinya kabakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Sekarang mulai musim kemarau, Kondisi ini rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan,” kata Dandim. Kamis (6/2).

Dandim menghimbau kepada seluruh warga khususnya yang petani kebun, dalam membuka lahan agar tidak melakukan pembakaran, karena bisa menimbulkan Karhutla dan berdampak pada kerusakan lingkungan, Karhutla bisa memusnahkan ekosistem, dan menimbulkan polusi udara.

“Kita semua masih ingat beberapa waktu lalu kita (Aceh) dapat kiriman kabut asap Karhutla dari daerah lain. Kita bisa rasakan kontaminasi asap Karhutla mengganggu kesehatan, dan saat itu tidak sedikit dari kita tiap beraktivitas harus diprotect dengan masker,” terangnya.

Lanjut Dandim, belajar dari pengalaman tersebut semua pihak harus peduli menjaga ligkungan, tidak melakukan pembakaran hutan, dan sebagai upaya pencegahan bersama dengan BPBK dan komponen terkait lainnya telah melakukan berbagai sosialisasi ke masyarakat serta melakukan patroli rutin ke sejumlah titik rawan Karhutla.

“Karena upaya ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh TNI, Polri maupun BPBK. Untuk itu mari kita sama-sama bergandeng tangan bahu membahu meningkatkan kepedulian serta kesadaran menjaga hutan dan lingkungan kita,” pungkasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan