Dana Desa di Abdya Mulai Dicairkan

oleh -256 views

Reporter: Nazli Md

Blangpidie-Abdya, Suaraindonesia-news.com – Proses pencairan Dana Desa tahap pertama di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk tahun 2016 kini mulai dicairkan, meskipun sempat terkendalan dengan persyaratan yang diminta oleh pihak P3MD selaku Tenaga Ahli kabupaten. 

Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (DPKKD) Abdya, Drs Thamrin kepada sejumla awak media, Kamis (19/5) menyebutkan, proses pencairan dana desa tidak harus memenuhi persyaratan seperti Analisa Dampak Lingkungan, Surve Harga Bahan dan Daftar Calon Tenaga Kerja sebagaimana yang disampaikan oleh pendamping Desa tenaga Ahli Kabupaten.

Akan tetapi lanjutnya, proses tersebut hanya cukup dengan pengajuan syarat, seperti Dokumen Rencana Keraja Pembangunan Gampong (RKPG) Anggaran pendapatan Belanja Gampong (APBG) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong (RPJMG).

“Kalau syarat itu sudah diajukan, kita langsung proses paling lama dalam dua hari anggaran tersebut sudah masuk ke Rekning desa,” ujarnya.

Dilanjutkannya, sebelum proses pencairan dilakukan, pihaknya bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera (BPMPPKS) terlebih dahulu melakukan verifikasi  berkas.

“Setelah pihak BPMPPKS melakukan verifikasi permohonan pencairan tersebut baru diajukan kepada kita di bagian keuangan. Jadi, setelah syarat tersebut dinyatakan lengkap kita langsung ke Bank untuk proses penyaluran ke Desa,” sebut Thamrin.

Ditambahkannya,  saat ini proses penyaluran dana gampong telah dilakukan sejak dua hari lalu dan bahkan 10 Desa diantaranya sudah disalurkan dengan jumlah yang bervariatif sebagaiman yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Kita berharap dalam bulan ini semua proses pencairan bisa tuntas dilaksankan sesuai dengan target yang kita inginkan,” pungkas Thamrin.

Tinggalkan Balasan