Dampak Musim Kemarau, Sejumlah Wilayah di Kecamatan Wanareja Krisis Air Bersih

oleh -87 views
Foto: Anggota Babinsa Koramil 16 Wanareja Serda Aris Sutiyono Beserta BPD Kabupaten Cilacap Membagikan Air Bersih.

CILACAP, Selasa (10/08/2021) suaraindonesia-news.com – Musim kemarau telah berdampak pada sulitnya mendapat pasokan air bersih di sejumlah wilayah di Kecamatan Wanareja. Salah satu Desa yang mengalami krisis air bersih adalah warga Desa Bantar khususnya Dusun Dusun Sukawera RT. 01 RW. 03.

Sudah beberapa pekan wilayah ini mengalami kesulitan air bersih. Selain karena faktor musim kemarau, sulitnya mendapat air bersih juga disebabkan rusaknya pompa PDAM yang menjadi jantung pemasok air bersih di wilayah tersebut.

Terkait hal tersebut, guna mengatasi krisis air bersih, Babinsa Koramil 16 Wanareja Serda Aris Sutiyono melaksanakan pendampingan pengedropan air bersih bersama BPBD Kabupaten Cilacap di Dusun Sukawera RT. 01 RW 03. Desa Bantar, Kecamatan Wanareja, Selasa (10/8).

Babinsa Serda Aris Sutiyono menjelaskan Pengedropan air bersih di wilayah Desa Bantar Dusun Sukawera dilakukan terkait permintaan dari pihak Pemerintah Desa Bantar yang salah satunya yakni Dusun Sukawera mengalami kekurangan Air Bersih akibat dampak memasuki musim kemarau dan Gangguan kerusakan pompa PDAM.

“Sampai saat ini Pompa PDAM sedang dalam diperbaiki PSDA Kabupaten Cilacap. 5000 liter air bersih siap dipasok untuk warga di Desa Bantar, adapun di wilayah Dusun Sukawera dengan jumlah sasaran 77 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 309 Jiwa akan dua kali pengedropan total kapasitasnya 1000 liter,” jelasnya.

Adapun sarana perlengkapan dari dinas BPBD Kabupaten Cilacap dalam pengedropan air bersih meliputi Armada Tangki kapasitas 5000 liter, Mesin Pompa air dan selang spiral. Guna menjamin kelancaran droping air bersih petugas BPBD didampingi Babinsa yang paham wilayah Desa tersebut.

Dalam kegiatan Pengedropan petugas BPBD dan Babinsa juga menghimbau kepada masyarakat Dusun Sukawera agar hemat dan efisien dalam penggunaan air sesuai kebutuhan.

“Saat ini air bersih sudah mulai sulit didapatkan, untuk itu bantuan air bersih yang kita dapat ini hendaknya bisa dimanfaatkan sebaik baiknya untuk kebutuhan rumah tangga. Kita berharap PDAM bisa segera beroperasi kembali sehingga warga tidak kesulitan mendapat air bersih,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Staf Pelaksana BPBD Majenang dan Wanareja Basuki Rahmat, Pendamping BPBD Kecamatan Wanareja Arif, Staf Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Babinsa Serda Aris Sutiyono dan pejabat Kadus setempat.

Reporter : M.Abdullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *