Dampak Air PDAM Macet 4 Hari, Polisi Bantu Suplay Air Bersih Ke Warga Gunakan Water Canon

oleh -58 views
Foto : Water Canon Polres Probolinggo Kota suplay air bersih kepada warga Rusunawa Bestari Mayangan, Selasa (11/2/20) sore.

PROBOLINGGO, Selasa (11/2/2020) suaraindonesia-news.com – Dampak air PDAM macet 4 hari, terhitung sejak Sabtu (8/2/20) hingga hari ini, Selasa (11/2/20) perbaikan pipa saluran air PDAM yang ada dihulu sumber mata air Ronggojalu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo tidak kunjung selesai, mengakibatkan ribuan pelanggan air PDAM di Kota Probolinggo Jawa Timur kelabakan untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Sudah terhitung 4 (empat) hari ini warga Kota Probolinggo tidak bisa menikmati air PDAM akibat terjadi kerusakan pipa 18 dim yang berada dihulu mata mata air Ronggojalu.

Menyikapi keluhan warga yang terdampak macetnya air PDAM itu, bahkan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Senin (10/2/20) sore turun langsung ke pusat rusaknya pipa saluran air PDAM yang ada di hulu sumber mata air Ronggojalu tersebut.

Akibat dari macetnya air PDAM tersebut, Pemerintah Kota Probolinggo sendiri melalui PDAM, DLH dan instansi di bawahnya sudah mendistribusikan air bersih ke pemukiman warga yang tidak memiliki sumur dan hanya mengandalkan air dari saluran PDAM.

Dikarenakan, terbatasnya armada untuk suplai air bersih, membuat berbagai pihak terjun langsung membantu menyediakan air bagi warga. Termasuk dari Polres Probolinggo Kota, Kodim 0820 Probolinggo maupun instansi lainnya.

Hari ini, Selasa (11/02/2020) sore Polres Probolinggo Kota dengan menggunakan Truk Water Canon berkapasitas 5000 Liter diterjunkan untuk mensuplay air bersih ke Rusunawa Bestari di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Air bersih yang diambil dari sumber mata air Sumberpacar di Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo tersebut didistribusikan kepada 95 KK atau sekitar 400 orang penghuni Rusunawa.

Samsul Arifin, ketua Rt 3 (lantai 4 Rusunawa) Rw 17 mengatakan, sejak air dari PDAM macet 4 hari ini, dan tandon air di rusunawa habis, warga Rusunawa untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari terpaksa membeli atau meminta air dari penduduk sekitar yang masih menggunakan sumur atau pompa air.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas distribusi air bersih yang diberikan oleh Polres Probolinggo Kota. Setidaknya, warga bisa berhemat dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya,” ungkapnya.

Sementara Kasat Sabhara Polres Probolinggo Kota AKP Dwi Sucahyo menjelaskan, bahwa kegiatan ini untuk membantu Pemerintah Kota Probolinggo agar semakin maksimal dalam distribusi air bersih kepada warga yang terdampak macetnya air PDAM.

Ia bersama dengan Kapolsek Mayangan Kompol Ahmad Firman, Camat Mayangan M. Abbas dan Lurah Mangunharjo bergantian mengisi air bersih tersebut ke puluhan ember dan galon milik warga rusunawa bertari.

“Semoga perbaikan pipa bisa segera dapat diselesaikan dan air bisa mengalir normal kembali,” harap Dwi Sucahyo.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *