Citilink Gantikan Garuda Indonesia di Jember

oleh -445 views
Pesawat ATR 72-600 milik Citilink parkir di Bandara Notohadinegoro Jember. (Foto Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Minggu (28/4/2019) suaraindonesia-news.com – Bandara Notohadinegoro Jember dengan rute penerbangan Jember-Surabaya dan sebaliknya, sejak Maret 2019 lalu hanya dilayani oleh satu maskapai saja, yakni Wings Air.

Hal ini menyusul dihentikannya operasional Gadura Indonesia Explore karena aturan regulasi, yaitu naiknya level atau kelas penerbangan Garuda yang tidak diperkenankan menggunakan pesawat baling-baling seperti jenis ATR 72-600 yang selama ini digunakan untuk melayani jalur Jember-Surabaya.

Sebagai penggantinya, maskapai Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia diizinkan untuk mengisi rute tersebut mulai hari ini, Minggu (28/4/2019).

Izin tersebut tertuang dalam surat Dirjen Perhubungan Udara No. AU/012/41/6/DRJU-DAU-2019, dimana Menhub. Republik Indonesia mengizinkan maskapai Citilink untuk mengisi kekosongan slot penerbangan milik Garuda di Jember.

“Ini bagus. Penerbangan dari Jember ke Surabaya kembali ada dua maskapai setelah sebulan lamanya hanya ada satu penerbangan, yakni maskapai Wings Air. Kita tahu bahwa potensi penerbangan Jember-Surabaya atau sebaliknya itu besar sekali dan sangat dibutuhkan masyarakat. Belum lagi kalau ada event-event. Karena itu, saya sangat mengapresiasi turunnya izin Citilink untuk mengisi jalur penerbangan Jember-Surabaya,” ujar Bupati Jember Faida.

Bupati Faida meyakini bahwa turunnya izin penerbangan Jember-Surabaya untuk Citilink ini merupakan berkah bagi masyarakat Jember, terutama menjelang arus mudik lebaran nanti. Karena itu, Bupati menghimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan ini dengan baik.

“Pesawat Citilink mengambil rute penerbangan Jember-Surabaya ini waktunya sudah tepat karena ada momen mudik lebaran, kemudian disusul even Jember Fashion Carnival yang akan digelar setelah Lebaran. Jadi, kami mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati.

Sementara, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan kepada wartawan mengatakan bahwa penerbangan Garuda dengan rute Jember-Surabaya dialihkan menggunakan Citilink. Dia menilai rute tersebut masih bagus untuk moda transportasi udara.

“Penerbangan Garuda rute Surabaya-Jember-Surabaya dialihkan dengan menggunakan maskapai Citilink karena rute tersebut dinilai masih bagus untuk moda transportasi udara,” kata dia.

Sesuai surat dari Dirjen Perhubungan Udara, tarif penerbangan Jember-Surabaya untuk maskapai Citilink akan mengacu peraturan tersebut. Tarif batas atas Rp 512 ribu dan tarif batas bawah Rp 179 ribu.

Sementara jadwal penerbangan sesuai slot penerbangan. Jadwal penerbangan Citilink dari Surabaya menuju Jember pukul 11.45-12.45 WIB dan dari Jember menuju Surabaya pukul 13.15-14.15 WIB.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *