Cinta Budaya: Pemkab Pamekasan Gelar Upacara Hari Jadi ke-490 dengan Bahasa Madura

oleh -62 views
Bupati Pamekasan saat sambutan dengan bahasa Madura di halaman kantor Pemkab setempat itu, Selasa (03/11).

PAMEKASAN, Selasa (03/11/2020) suaraindonesia-news.com – Dengan menggunakan bahasa Madura, Bupati Pamekasan mempimpin upacara hari jadi Kabupaten Pamekasan yang ke 490. Upacara tersebut berlangsung di halaman kantor Pemkab setempat itu, Selasa (03/11).

Seluruh peserta upacara menggunakan pakaian adat Madura yakni pesa’ gombor untuk pria dan busana marlena untuk wanitanya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menjelaskan hari jadi Pamekasan disesuaikan dengan penetapan raja pertama di kabupaten Pamekasan pada beratus-ratus tahun yang lalu.

“Pada tanggal 3 November 1530 M, raja Ronggowati ditetapkan sebagai raja Pamellingan, yang saat ini disebut Pamekasan,” ungkap Bupati Pamekasan saat memberikan amanat.

Kondisi Pamekasan saat ini, baik dalam bidang pendidikan, politik serta pembangunan, diharapkan Baddrut juga menjadi kondisi yang diinginkan oleh raja Ronggowati.

Lantaran Pandemi Covid-19, perayaan Hari Jadi Pamekasan di tahun 2020 berbeda dengan perayaan pada tahun sebelumnya. Di tahun 2019 perayaan berlangsung meriah dengan diselenggarakannya berbagai event.

Lebih lanjut, turut hadir dalam upacara hari jadi tersebut, Kapolres Pamekasan, Dandim 0826, Forkompinda Pamekasan, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Sementara itu, Baddrut Tamam mengahiri amanatnya dengan bahasa madureh
Paramela dari panekah, beden kauleh minangkah Bupati Pamekasan ngatoraghi slamet e delem ngemottaghi areh dedhinah Mekkasen sekapeng 490.

“Dek sadheheh magesareh Mekkasen ka angguy lebbi percaya diri dek abe’en dhibi’ tor ngonggu agi edelem matombu tor majurbuh pembangunan e Mekkasen se bisa madeddhih kajembernah masyarakat Mekkasen,” tuturnya.

“Mator sakalangkong dek sadejeh para alim ulama, para taretan, para anom, alek, para seppo tor dek taretan dhibi’ bekkel bupati se ampon areng sareng berkomitmen ka angguy majurbuh program-program Mekkasen sebekal deteng kantos bisah te’kaajet awujud agi Mekkasen hebat, Mekkasen se rajjeh, Mekkasen se bejjreh tor Mekkasen se parjugheh,” tandanya.

“Semoga Allah memberikan kita semua kekuatan sehingga bisa mewujudkan keinginan pendiri kabupaten Pamekasan, yaitu Mekkas Jatna Paksa Jenneng Dibi,” harap Baddrut Tamam. (Adv).

Reporter : My
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *