Cegah Stunting, Pemdes Hiligodu Tanose’o Gelar Penyuluhan Gizi, Pembagian Susu dan Vitamin Kepada Ibu Hamil dan Balita

oleh -194 views
Saat penyerahan susu dan vitamin kepada balita di Desa Hiligodu Tanose'o

NIAS, Selasa (21/9/2021) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Desa Hiligodu Tanose’o, Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias melaksanakan penyuluhan gizi serta pemberian susu dan vitamin kepada ibu hamil, ibu menyusui dan balita yang dilaksanakan di Kantor Desa Hiligodu Tanose’o, Selasa (21/9).

Menurut kepala Desa Hiligodu Tanoseo, Marinus Mendrofa kegiatan tersebut sebagai tindaki lanjut pencegahan Stunting di tingkat desa, hal ini berhubungan dengan dijadikannya Desa Hiligodu Tanose’o sebagai salah satu desa Locus Stunting Tahun 2021 di Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias.

Kasi Pelayanan Pemerintah Desa Hiligodu Tanose’o, Arni Muliati Hulu, Am.Keb pada penyampain laporannya mengatakan kalau kegiatan ini sebagai upaya percepatan penurunan dan pencegahan angka stunting yang didanai dari APBDes Tahun Anggaran 2021.

“Adapun sasaran penyuluhan serta pembagian susu dan vitamin kepada ibu hamil, ibu menyusui dan balita terdiri dari 9 orang ibu hamil, 8 orang ibu menyusui dan 38 orang balita,” kata Arni Muliati Hulu.

Dari sejumlah sasaran pemberian susu dan vitamin tersebut didalamnya termasuk 1 orang stunting, 1 orang gizi kurang yang berat badannya di bawah garis merah pada penimbangan bulan Agustus 2021 serta 2 orang lainnya yang berat badannya di bawah garis kuning.

Hadir pada kegiatan tersebut sebagai narasumber dari Tenaga Nusantara Sehat yang bertugas di Puskesmas Hiliduho, Labora Ambarita, A. Md. Gz sebagai ahli gizi yang didampingi Agusnaeni, A.Md, KL dan Sri Susanti Lumula, Amd. AK.

Pada materi penyuluhannya, Labora Ambarita mengatakan bahwa stunting itu bisa dicegah dengan memperhatikan asupan makanan dan sanitasi yang baik pada 1000 HPK.

“Stunting itu sebetulnya tidak hanya ber-fokus pada berat badan anak yang serta pendek dan sangat pendek. Tetapi lebih menitik beratkan kepada tingkat kecerdasan anak yang rendah sehingga di masa depan si-anak tidak mampu bersaing dengan anak lainnya baik dalam negeri maupun luar negeri atau dengan kata lain si-anak tidak produktif dan selanjutnya akan menjadi beban bagi negara,” tuturnya.

Mewakili Kader Posyandu yang terdiri dari 2 Pos Posyandu di Desa Hiligodu Tanose’o, Libertina Mendrofa, S.Th mengapresiasi kegiatan penyuluhan dan pembagian susu dan vitamin yang dilaksanakan.

“Sebagai kader posyandu saya mengapresiasi kegiatan penyuluhan dan pembagian susu dan vitamin karena ini sangat bermanfaat bagi anak balita, ibu hamil dan ibu menyusui,” ucap Libertina.

Kader Pemberdayaan Manusia (KPM) Desa Hiligodu Tanose’o, Julita Mendrofa dalam kapasitasnya selaku KPM juga berterimakasih karena apa yang menjadi tugas dan fungsinya sebagai kader selama ini dapat menambah wawasan dan pengetahuannya sehingga target penurunan percepatan pencegahan sutunting khususnya di wilayah penyuluhannya dapat membantu sekaligus sebagai upaya keberhasilan pencegahan stunting.

Pada arahannya Kepala Desa Hiligodu Tanose’o, Marinus Mendrofa mengatakan jika kegiatan ini sebagai upaya pemerintah dalam hal percepatan penurunan dan pencegahan angka stunting.

“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam hal percepatan penurunan dan pencegahan angka stunting sehingga anak sebagai generasi penerus bangsa dapat sejajar dengan anak lainnya yang akan menjadi harapan bangsa dan nusa pada masa yang akan datang,” ujar kades.

Kegiatan ini diakhiri dengan demo masak pemenuhan gizi seimbang dengan resep “Nugget Sehat dan Bergizi Seimbang” yang dipandu langsung Labora Ambarita sebagai ahli gizi Nusantara Sehat dari Puskesmas Hiliduho dengan tujuan agar ibu hamil, ibu menyusui dan balita, dapat mempraktekkan langsung dirumahnya dalam pemenuhan gizi seimbang.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *