Cegah Penyebaran Covid-19, KKN-T IPB University Laksanakan Kegiatan Go Hygiene

oleh -102 views
Mahasiswa KKN-T IPB University saat melaksanakan kegiatan Go Hygiene.

BOGOR, Jumat (14/08/2020) suaraindonesia-nrws.com – Penyebaran Covid-19 hingga saat ini masih sangat masif di Indonesia. Pada bulan April berdasarkan berita yang disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI upaya penanggulangan Covid-19 yang dilakukan pada 186 kabupaten/kota dengan lebih dari 27 ribu spesimen yang diperiksa menggunakan PCR terindikasi ditemukan kasus positif Covid-19.

Oleh karena itu, pencegahan guna menekan penyebaran Covid-19 harus terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satu alternatif pencegahan yang dapat dilakukan yaitu menggunakan masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak.

Pada kondisi pandemi seperti ini hidup bersih seperti mencuci tangan dengan sabun menjadi komponen penting dalam pencegahan Covid-19, tetapi dalam kondisi darurat hand sanitizer dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan tangan tanpa air dan sabun.

Sebagai langkah untuk membantu masyarakat di Desa Ciwalen mencegah penyebaran Covid-19, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University melaksanakan kegiatan Go Hygiene bekerjasama dengan Ibu PKK Desa Ciwalen.

Kegiatan Go Hygiene terdiri atas dua kegiatan utama yang diawali dengan sosialisasi mengenai Covid-19 dan sosialisasi mengenai pembuatan hand sanitizer. Setelah kegiatan sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan hand sanitizer yang dipandu oleh mahasiswa KKN-T IPB.

Jumlah hand sanitizer yang dibuat sebanyak 3 liter yang dikemas dalam botol 30 ml. Han dsanitizer yang telah dibuat kemudian di bagikan kepada masyarakat Desa Ciwalen

‚ÄúProgram Go Hygiene sangat bermanfaat, kami mendapat pengetahuan baru mengenai pandemi Covid-19 dan juga pembuatan hand sanitizer rumahan yang murah dan mudah dilakukan,” tutur salah satu kader ibu PKK Lela yang menghadiri kegiatan tersebut kepada media, Jumat (14/08).

Lela juga menyebutkan bahwa ibu-ibu PKK akan meneruskan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat Desa Ciwalen dan melanjutkan program pembuatan hand sanitizer. Harapannya dengan keberlanjutan program Go Hygiene ini, masyarakat Desa Ciwalen menjadi semakin waspada dengan Covid-19 dan ikut berperan aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Desa Ciwalen.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

One thought on “Cegah Penyebaran Covid-19, KKN-T IPB University Laksanakan Kegiatan Go Hygiene

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *