Cegah Kerugian Negara, Pemkab Raja Ampat Segara Audit Pengelolaan DD

oleh -194 views
Foto: Saiful HI. Malik

RAJA AMPAT, Senin (9/10/2017) suaraindonesia-news.com – Untuk mencegah terjadinya kerugian negara pada pengelolaan dana desa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat segera malakukan audit di 117 (seratus tujuh belas) kampung (desa, red) yang ada di wilayah Kabupaten Raja Ampat, dengan melibatkan kepolisian dan kejaksaan.

“Ini kan perintah bupati, supaya inspektorat ketika turun melakukan audit dana desa di tahun ini, harus bersinergi dengan melibatkan kepolisian dan kejaksaan. Dalam keterlibatan dua instansi itu, tentunya kapasitas mereka sebagai pendamping untuk mendampingi kami melakukan audit dana desa diseluruh kampung yang ada di kabupaten Raja Ampat,” kata Saiful HI.Malik inspektur pada inspektorat kabupaten Raja Ampat yang  juga sebagai ketua tim saat ditemui suara indonesia usai rapat dengan tim audit di kantornya, di jalan kompleks perkantoran Pemkab Raja Ampat, Kelurahan Warmasen, Distrik Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (9/10).

Dijelaskan, tujuan dari audit adalah untuk mengetahui apakah pengelolaan dana desa itu sudah betul-betul sesuai dengan aturan atau tidak. Artinya pengelolaan dana desa itu harus tepat sasaran, jangan sampai ada penyimpangan yang menimbulkan kerugian negara. Sesuai petunjuk pengelolaan dana desa yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ada lima tim yang berjumlah sembilan puluh lima orang, setiap tim akan didampingi kepolisian dan kejaksaan. Rancana besok semua tim sudah harus bergerak, berharap dengan audit ini pengelolaan dana desa diseluruh kampung jadi lebih baik, mulai dari perencanaannya kemudian penata usahaannya, penggunaannya,dan pelaporannya agar disesuaikan dengan aturan yang berlaku,” ujar Saiful.

Ia menegaskan, jika ada temuan yang sifatnya sangat prinsip sekali, jelas itu akan kami tindak tegas, kami akan menyampaikannya kepada penegak hukum.(Zainal La Adala)

Tinggalkan Balasan