Cegah Kenakalan Remaja Sejak Dini

Acara Orientasi Pembentukan PIK-R/M bagi Pengelola Program Genre Bagi Mitra-Guru Tahun 2014

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) merupakan upaya penting yang dilakukan melalui program Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Kabupaten Sumenep bekerjsama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, sehingga persoalan-persoalan kenakalan anak dan remaja dapat dicegah sejak dini.

Kepala BPMP-KB Kabupaten Sumenep, H. Ach. Masuni, SE, MM pada Orientasi Pembentukan PIK-R/M bagi Pengelola Program Genre Bagi Mitra-Guru Tahun 2014 beberapa waktu lalu mengungkapkan, kegiatan pembentukan PIK-R merupakan tindak lanjut dari program Kependudukan dan Keluarga Berencana yang bertujuan untuk kesejahteraan keluarga.
“Dengan adanya PIK-R ini diharapkan dapat menyentuh persoalan globalisasi yang menjadi fenomena berbagai perilaku negatif anak dan remaja saat ini,”ungkapnya.

Apalagi, tegas H. Masuni, saat ini di Kabupaten Sumenep sudah banyak terjadi kejadian negatif yang menimpa anak. Baik menjadi pelaku dan sebagai korban adalah anak-anak, mulai dari kekerasan, narkoba hingga pelecehan seksual dan semacamnya.

Untuk itu tegas H. Masuni, pihaknya juga bekerjsama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, agar para guru turut mengambil tindakan dalam perilaku luar biasa tersebut. Karena informasi bebas, kemajuan IT yang sangat pesat dewasa ini, telah mengancam generasi muda bangsa ini.

Seperti kegiatan anak yang telah banyak menyerap tayangan negatif melalui televisi, internet, di hand phone (HP) dan sebagainya.

Sementara Kepala Bidang Bina Keluarga Sejahtera BPMP KB Sumenep, Sri Endah Suciningsih, SE, M.Si menjelaskan, dengan terbentuknya PIK-R di masing-masing sekolah, bahkan hingga di masing-masing kelas ada PIK-R diharapkan dapat mengontrol prilaku maupun hubungan siswa, agar tidak sampai terjerembab di jurang yang dalam.

“Disamping terpentuknya PIK-R nantinya juga tetap melibatkan pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A) yang ada di Kabupaten Sumenep,”tambahnya.

Dengan peningkatan kualitas pelayanan PIK-R nantinya bisa meningkatkan ketahanan dan kesehatreaan keluarga. Termasuk untuk sasaaran para kader PIK-R  mampu meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.(ren)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here