Cegah Covid-19 Berkembang, Dinkes Pati Terapkan 3T

oleh -164 views
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Subawi, MM.

PATI, Kamis (05/08/2021) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka percepatan penyelesaian pandemi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati mengambil berbagai langkah dan upaya.

Yaitu, penerapan protokol kesehatan secara ketat dengan 6 M dan melakukan 3T (testing – tracing – treatment).

Demikian dikatakan Kepala Dinkes Kabupaten Pati dr. Subawi, usai mengikuti rapat pembahasan anggaran di DPRD Kabupaten Pati, Rabu (04/08).

“Artinya, pencarian kasus baru, jangan sampai lengah tidak ditracing kontak eratnya siapa. Nanti bisa jadi bertambah banyak atau berkembang kembali. Jadi diaktifkan tim tracer-nya,” kata dr. Subawi.

Lebih lanjut dikatakannya, upaya lain pencegahan penyebaran virus corona yaitu dilakukan peningkatan vaksinasi Covid-19.

“Hanya saja, memang beberapa hari lalu, vaksin sempat terhambat distribusinya. Namun sekarang sudah mulai berdatangan,” lanjutnya.

Bagi yang belum terakomodasi karena keterbatasan persediaan vaksin, sebut Subawi, akan dijadwalkan ulang.

“Yang utama adalah untuk lansia. Dan tidak perlu khawatir karena vaksin ada SOP-nya, yaitu setelah disuntik istirahat dulu 15 hingga 30 menit. Bila tidak ada keluhan, bisa pulang,” tuturnya.

Secara umum, ungkap Subawi, kasus baru Covid-19 di Kabupaten Pati sudah menurun. Seiring dengan itu, angka kematian dan tingkat BOR (Bed Occupancy Ratio) rumah sakit juga mengalami penurunan.

Sehingga pihaknya berencana mengonsentrasikan ruang isolasi hanya di Ruang Wijaya Kusuma RSUD Soewondo.

“Kurang lebih masih 15 orang yang isolasi di Hotel Kencana dan itu diselesaikan dulu. Semua nanti dipindah di WK RSUD Soewondo,” ungkap Subawi.

Reporter : Usman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *