Cak Salam Tawarkan Beasiswa Jika Ditakdirkan Jadi Bupati Jember

oleh
Ketua Tim Pemenangan, Muhammad Khoironi (mengenakan topeng wajah Cak Salam) memberikan keterangan dalam konferensi pers. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Jumat (21/2/2020) suaraindonesia-news.com – Bakal calon bupati (Bacabup) H. Abdus Salam atau akrab disapa Cak Salam mendaftarkan diri ke koalisi PANDe Jember (PAN-Demokrat), Jumat (21/2) sore. Proses pendaftaran tersebut tidak dihadiri oleh Cak Salam, sehingga diwakilkan kepada Ketua Tim Pemenangan, Muhammad Khoironi atau akrab dipanggil Roni.

Roni mengatakan ketidakhadiran Cak Salam dalam proses pendaftaran tersebut, dikarenakan yang bersangkutan sedang menunaikan ibadah umroh.

Usai menyerahkan berkas pendaftaran, Roni menggelar konferensi pers. Dia menyampaikan program kerja Cak Salam apabila ditakdirkan menjadi Bupati Jember.

Ada 16 program kerja yang ditawarkan, salah satunya adalah beasiswa bagi pelajar berprestasi dan kurang mampu.

“Melanjutkan dan meningkatkan jumlah alokasi beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu,” ucap Roni membacakan salah satu program kerja Cak Salam.

Sejauh ini, bacabup Cak Salam telah mendaftarkan diri ke 6 partai politik di antaranya, PDI-P, NasDem, Gerindra, PPP, PAN dan Demokrat.

“Untuk itu kepada PAN dan Demokrat, jangan sungkan memberikan rekom kepada Cak Salam. Program kerja Cak Salam betul-betul merakyat, serta Cak Salam berasal dari kalangan bawah yaitu anak seorang petani,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Demokrat Jember Agusta Jaka Purwana mengatakan dari pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati yang dibuka oleh koalisi PANDe Jember mulai 19-21 Februari 2020 terdapat 9 nama yang telah mendaftarkan diri.

“Rinciannya 8 nama mendaftarkan diri sebagai calon bupati, dan 1 nama mendaftarkan diri sebagai wakil bupati. Dan ini kita akan proses sesuai mekanisme di partai masing-masing. Jadi seperti yang disampaikan oleh ketua kami bahwa parpol di Jember tidak ada yang 10 kursi, 8 itu bukan 10, 2 itu bukan 10 jadi semua partai itu membutuhkan adanya koalisi, adanya kebersamaan sehingga bisa mengusung calon pemimpin ke depan,” jelas Agusta.

Saat ini PAN Jember memiliki 2 kursi dan Partai Demokrat juga memiliki 2 kursi di DPRD Kabupaten Jember.

Untuk diketahui, 16 program kerja Cak Salam adalah sebagai berikut :

  1. Menjalankan Program Reformasi Birokrasi yang imbangi Kebijakan Sistem Reward dan Punishment yang efektif.
  2. Merancang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah dengan melibatkan peran serta masyarakat.
  3. Memberikan kepastian dalam setiap pelayanan dan kebijakan dilaksanakan secara cepat, transparan dan akuntabel dengan sistem pelayanan satu atap.
  4. Pemerataan pembangunan sarana prasarana pendidikan dan kesehatan untuk menjamin pelaksanaan pendidikan maupun pelayanan kesehatan yang berkualitas.
  5. Menjamin seluruh masyarakat Jember  untuk mendapatkan akses pendidikan  dan kesehatan yang berkualitas.
  6. Melanjutkan dan meningkatkan jumlah alokasi Beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu.
  7. Meningkatkan kesejahteraan melalui pemberian insentif bagi guru ngaji dan sekaligus dukungan sarana dan prasarana kegiatan mereka.
  8. Memberi subsidi kesehatan bagi masyarakat miskin dan Peningkatan Jaminan Kebutuhan Hidup Layak bagi Kelompok Sosial Masyarakat Rentan.
  9. Membentuk peraturan perundang-undangan dan regulasi untuk melindungi potensi sumberdaya ekonomi dan sekaligus memberi kepastian pada iklim investasi.
  10. Pembangunan sarana dan prasarana untuk peningkatan mobilitas ekonomi terutama bagi pengembangan ekonomi pertanian dan maritim.
  11. Perlindungan petani tembakau.
  12. Menjamin harga kebutuhan pokok tetap stabil.
  13. Membangun kerjasama dengan kelompok dunia usaha baik dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan investasi yang ditopang oleh sistim ekonomi yang kondusif dan sehat.
  14. Membangun dan mengelola potensi pariwisita dengan melibatkan pelaku seni budaya dan industri kreatif dan sekaligus memberikan jaminan kesehatan kepada mereka.
  15. Memberikan dukungan dana pembinaan dan pengembangan potensi seni dan budaya.
  16. Fasilitasi kelompok-kelompok seni melalui eksibisi dan festival untuk mengaktualisasikan potensi seni dan budaya Kabupaten Jember.

 

 

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *