Bupati Pati Minta Semua Pihak Pantau Warga Isoman

oleh -55 views
Bupati Pati H. Haryanto didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda dan Kepala Dinkes Kabupaten Pati, memimpin Rakor Evaluasi Implementasi PPKM Darurat.

PATI, Kamis (08/07/21) suaraindonesia-news.com – Bupati Pati, Haryanto, meminta semua pihak dijajarannya untuk memantau warga yang sedang menjalani isoman (isolasi mandiri) karena Covid-19.

Permintaan itu disampaikan Haryanto pada Rakor Evaluasi Implementasi PPKM Darurat yang digelar secara terbatas di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (7/7), yang diikuti para pimpinan OPD dan 29 UPTD Puskesmas.

Turut hadir, Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Suharyono dan Kepala Dinkes Kabupaten Pati dr. Subawi.

Dalam kesempatan itu, bupati mengingatkan, Puskesmas agar selalu mengontrol kondisi warga yang menjalani isoman dengan menggandeng pemerintah desa dan pihak terkait, Babinsa dan Babinkamtibmas.

“Yang sedang menjalani isolasi mandiri, apabila satu RT terdapat 5 KK yang terdampak Covid-19, maka satu RT itu dilockdown. Artinya, keluar masuk tidak boleh. Puskesmas dapat mengajak pemerintah desa atau bidan Desa melalui camat untuk menangani”, kata Bupati.

Pemerintah Desa, menurutnya, dapat mengalokasikan Dana Desa sebesar minimal 8 persen untuk penanganan Covid-19, sehingga tidak harus mengandalkan anggaran dari pemerintah kabupaten saja.

“Selain itu, OPD dalam program kerjanya banyak terkuras lantaran terkena refocussing penanganan Covid-19. Oleh karena itu, kita harus bersama – sama agar kasus Covid-19 berangsur turun,” tuturnya.

Bupati juga meminta, tidak hanya melaporkan data jumlah kasus Covid-19, tetapi juga harus melaporkan data pasien yang sudah sembuh.

“Sebab, faktor pengurang jumlah kasus yakni tingkat kesembuhan itu sangat penting sebagai gambaran penanganan Covid-19 di daerah,” pungkas Bupati Haryanto.

Reporter : Usman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *