Bupati Pamekasan Apresiasi Pemberian KUR Garam Rakyat dari Menko Perekonomian

Bupati Pamekasan Penandatanganan Mou peningkatan Perekonomian petani garam didampingi Menteri Koordinator Perekonomian RI,dan Gubenur jawa timur

PAMEKASAN, Sabtu (14/04/2019) suaraindonesia-news.com – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, memberikan apresiasi terhadap bantuan penyaluran KUR Garam Rakyat Madura. Bantuan dari pemerintah tersebut disebut akan mensejahterakan para petani garam.

“Pamekasan akan selalu bersinergi dengan pemerintah Indonesia untuk bisa mewujudkan swasembada garam,” papar Badrut dalam sambutannya.

Badrut melanjutkan, beberapa desa di Pamekasan ditarget bisa jaya dalam bidang perekonomian, baik sebagai Desa wisata, Desa garam, dan Desa UMKM.

“Dari sektor garam, produksi garam kita meningkat sekitar 40 persen dari tahun 2017-2018,” paparnya.

Badrut juga menyampaikan saat ini di Pamekasan sudah memiliki kantor IPSAl dan beberapa gudang garam nasional untuk bisa selalu meningkatkan produk garam.

“Ini ikhtiar untuk menjadikan pamekasan hebat,” paparnya.

Sementara itu Pemerintah Republik Indonesia, melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution telah meresmikan penyaluran KUR Garam Rakyat di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (13/04).

Dalam acara tersebut, turut Hadir Bupati Pamekasan, Gubernur Jawa Timur, Jajaran Direksi BUMN, serta Forkopimda dan para petani garam di Kabupaten Pamekasan.

Darmin mengatakan skema KUR khusus garam rakyat bertujuan untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada petani garam, sehingga bisa lebih mudah.

“Pemilihan Maduda utamanya Pamekasan, sebagai Penyaluran KUR garam, karena madura adalah penghasil garam terbanyak di indonesia,” ujarnya.

Darmin melanjutkan pemerintah juga akan menyediakan Kartu pintar untuk menggantikan formulir pengajuan pinjaman KUR, tujuannya adalah mempermudah petani garam hendak mengajukan pinjaman yang berulang, sekaligus memudahkan pula bagi Bank Penyalur untuk mengontrol tingkat kepatuhan si peminjam.

Reporter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Dewi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here