Bupati Lumajang Himbau Amankan Pilkades Serentak 158 Desa

oleh -13 views
Bupati, Kapolres dan Dandim 0821 saat menjadi Pembina Apel Pergeseran Pasukan Operasi Minak Koncar.

LUMAJANG, Senin (17/12/2019) suaraindonesia-news.com – Menjelang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., mengimbau agar para personil pengamanan dapat mengutamakan antisipasi serta pemetaan terhadap potensi konflik sosial, konflik antar komunitas dan konflik lokal yang ada karena proses Pilkades.

Hal ini disampaikan Bupati Lumajang saat bertindak sebagai Pembina Apel Pergeseran Pasukan Operasi Minak Koncar dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak 2019, di Alun – alun Lumajang, tadi pagi.

Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu meminta, seluruh personil pengamanan agar segera melakukan koordinasi dan laporan terkait pelaksanaan Pilkades, sehingga apabila ada potensi yang memungkinkan terjadi dapat segera di putuskan secara cepat.

“Saya, pak Kapolres dan pak Dandim akan standbay dalam proses Pilkades ini, kami tidak ingin ada kecolongan terkait dengan kondisi yang seharusnya dilakukan dalam proses pilkades, tentu harus sesuai aturan,” tegasnya.

Bupati mengimbau kepada masyarakat di masing – masing desa agar tidak membawa senjata tajam dalam menjaga keamanan pada pelaksanaan Pilkades.

“Masyarakat ikut menjaga keamanan boleh, tapi membawa sajam tidak boleh, saya sudah intruksikan kepada pak kapolres untuk melakukan langkah – langkah terhadap masyarakat yang membawa sajam, agar langsung disita, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan,” papar politisi PKB ini.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Ade Wira Negara Siregar mengungkapkan, setelah teridentifikasi, seluruh desa rawan yang ada di Lumajang tercatat ada 121 Desa, sementara sangat rawan tercatat 12 desa, serta 25 Desa dikategorikan aman.

Dalam pelaksanaan Pilkades kali ini, pihaknya menerjunkan sebanyak 3.555 Personil pengamanan, terdiri dari TNI, Polri dan Linmas.

“Ini juga ada 200 personil Brimob, ini akan ditempatkan di enam rayon, yaitu wilayah utara, selatan, barat, timur dan tengah, sementara khusus Kecamatan Randuagung saya tempatkan satu pelton khusus karena situasi disana,” katanya.

Sedangkan Kasdim 0821 Lumajang, Mayor Inf Rinanto, mengatakan bahwa, pihaknya akan terus mendukung Pemerintah dan Polri dalam mengamankan Pilkades serentak.

Ia berharap, Pemkab, TNI serta Polri dapat bekerjasama dengan baik, sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan dengan tertib dan aman.

“Kami siap mendukung Pemkab dan Polri untuk mengamankan Pilkades 2019,” ujarnya.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *