Bupati Lumajang Bantu Tata Niaga Pertembakauan Antara Petani Dengan Pengusaha

oleh -27 views
Bupati Lumajang saat membantu petani tembakau dalam tata niaganya.

LUMAJANG, Senin (28/9/2020) suaraindonesia-news.com – Dalam turut serta membantu petani tembakau, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) ikut menata tata niaga tembakau, yang pastinya saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Ini dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dalam keterkaitan dengan Petani yang sudah menanam, maupun mitra Perusahaan yang saat ini mengalami perlambatan akibat pandemi.

Cak Thoriq hadir disini, sebagai langkah tindak lanjut dengan memberikan win-win solution tepat di PT. Indonesia Dwi Sembilan (IDS), guna memfasilitasi produk tembakau petani Lumajang agar terserap semuanya.

“Saya di dampingi Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) meninjau langsung ke gudang tembakau milik PT. IDS sekaligus memastikan bahwa PT. IDS telah membuka gudang,” paparnya.

Itu artinya, kata Cak Thoriq, hasil panen petani tembakau di Lumajang yang bermitra dengan PT. IDS benar-benar terbeli oleh pihak pengelola kemitraan dengan harga yang dikompromikan dengan petani.

“Tentu, harga tidak sebagaimana kondisi ekonomi normal seperti beberapa tahun lalu. Tetapi fokus saat ini adalah pengendalian jaminan hasil panen tembakau bisa terbeli,” tambahnya.

Untuk kemitraan petani tembakau dengan PT. SADANA dan PT. Alliance One Indonesia (AOI), beberapa minggu yang lalu pihak PT. SADANA dan PT. AOI sudah membuka gudangnya dan telah membeli hasil panen para petani tembakau yang telah melakukan mekanisme kemitraan sejak mulai awal tanam.

“Saat ini, kondisi pembiayaan dan produksi memang harus saling menjamin, supaya roda ekonomi tetap bisa bergerak, walaupun kondisinya berat,” immbuhnya.

Bagi pemerintah, menurut politisi PKB ini, pihaknya akan terus menjaga dengan pola fasilitasi dan intervensi. Dengan harapan, ada titik temu antara hasil produksi masyarakat dan nilai ekonomi produksi yang dikelola pihak badan usaha. (adv)

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *