Bupati JWS Bantu 5 Traktor Buat Koptan di Minahasa

oleh -163 views
Bupati Minahasa Drs.Jantje W Sajow.M. Si

Minahasa, Suara Indonesia-News.Com — Menyukseskan program Mari Jo Ba Tanam untuk mewujudkan program swasembada pangan sekaligus mensejahterakan masyarakat Minahasa khususnya petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menyiapkan lima unit traktor untuk menunjang aktivitas pengolahan lahan dari Kelompok Tani (Koptan).

Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi,  di depan para petani Minahasa, saat ibadah perayaan pra Natal bersama Koptan di Aula Wale ‘Ne Tou Tondano mengatakan, ke lima unit traktor yang disediakan Pemkab Minahasa ini bukan untuk diberikan kepada Koptan menjadi hak milik, melainkan sebagai pinjam pakai agar memudahkan dan memperlancar serta untuk efesiensi dn efektivitas pengolahan lahan.

“Sebagian besar masyarakat Minahasa adalah petani, untuk itu sarana yang dibutuhkan para petani dalam pengolahan lahan kita sediakan berupa traktor. Untuk traktor yang disediakan ini, bisa dipinjam dan bukan menjadi milik kelompok. Jadi kalau ada kelompok yang akan menggunakan bisa langsung bermohon, hanya menyediakan ongkos minyak dan operator,” terang JWS, sapaan akrab bupati pilihan rakyat ke dua di Minahasa ini.

Selain itu, penggunaan traktor ini juga dibatasi hanya pada penggarapan lahan yang luas di atas satu hektar, untuk memudahkan petani dan tak menggunakan banyak tenaga.
“Tapi kalau lahanya kecil tak perlu meminjam traktor, karena bisa jadi biaya operasional lebih besar dari hasil yang akan dihasilkan. Jadi lahan-lahan yang di atas satu hektar saja yang menggunakan traktor ini,” ujarnya.

Sejumlah pengurut Kopta di daerah ini mengapresiasi kebijakan pemerintahan Bupati JWS dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang (Ivansa) ini. Ketua Koptan Solideo Satu Tonselama, Yohanis Rumbajan, mengatakan, kebijakan ini sangat membantu petani  karena memudahkan masyarakat petani dalam pengolahan lahan pertaniannya.

“Kami mengapresasi bantuan pemerintah ini dan diharapkan para kelompok tani lain bisa menggunakan dengan bijak sehingga semua Koptan di Minahasa bisa menikmati bantuan yang berupa subsidi pemerintah ini,” ujarnya.(Ferry Otta).

Tinggalkan Balasan