Bupati Jember Resmikan Bibit Kakao IGRI 09

Bupati Jember, Faida saat hendak menanam bibit kakao IGRI 09 di Puslit Koka Jember. (Foto: Humas Pemkab Jember)

JEMBER, Rabu (28/11/2018) suaraindonesia-news.com – Pusat penelitian kopi dan kakao (Puslit koka) di Jember meluncurkan bibit tanaman kakao varietas terbaru pada Temu Lapang Kakao 2018, yang dihadiri oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Selasa (27/11/2018).

Bibit kakao unggulan tersebut diberi nama IGRI 09, diresmikan langsung oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida dan disaksikan Dirjen Perkebunan Kementan, Ir. Bambang.

Varietas ini mampu menghasilkan produksi kakao mulai 1.8 hingga 2.5 ton kakao per hektar dalam setahun. Varietas ini juga memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya tahan terhadap penyakit, dan memiliki citarasa khas dibandingkan bibit kakao lainnya.

Kakao varietas baru ini akan dikembangkan di perkebunan Puslit Koka Jember dengan luas lahan 380 hektar. Dengan adanya bibit IGRI 09 ini diharapkan Indonesia semakin tinggi kuantitas ekspor kakaonya.

Baca Juga: Inilah Potensi Kakao Mulia, Petani Harus Tahu

“Sekarang bapak Presiden Joko Widodo sedang serius untuk memberikan kesempatan masyarakat untuk menanam di perhutanan sosial, ini kakao juga tanaman yang paling pas ditanam, kopi juga.Nah untuk mengatasi persoalan perbaikan ini, pertama kita butuh benih, benih IGRI 09 ini di samping produktifitasnya tinggi juga tahan terhadap penyakit, juga dia punya citarasa yang lebih, rasa dan aromanya lebih tajam,” jelas Ir. Bambang, Dirjen Perkebunan Kementan.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida menyambut baik temuan bibit ini karena dapat meningkatkan perekonomian daerah.

“Salah satu targetnya membangun sinergisitas untuk mengisi potensi-potensi ekspor kakao yang sangat terbuka lebar dan mulai dari pendanaan, pembibitan dan pengolahan hulu hilir dan juga UMKM Kakao,” kata Faida.

Varietas baru kakao ini selanjutnya dikenalkan kepada 450 peserta temu lapang kakao dari berbagai daerah seperti Bali, Mojokerto, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here