Bupati Jember Instruksi Seluruh Mall dan Pasar Tutup, Toko Waralaba di Balung Masih Buka

oleh -678 views
Indomaret di depan lapangan Balung masih buka, Senin (25/5) malam. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Senin (25/5/2020) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember, dr. Faida, MMR mengeluarkan Surat Edaran dengan nomor 800/511/35.09.331/2020 menginstruksikan seluruh Mall/ Pusat Perbelanjaan dan Pasar Tradisional di Kabupaten Jember untuk tutup sementara selama 7 hari, mulai tanggal 23 – 29 Mei 2020.

Instruksi tersebut dalam rangka pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Ada hal menarik, di saat pasar tradisional dan mall di Kecamatan Balung telah melaksanakan instruksi tersebut dengan menutup operasional mereka, justru toko waralaba seperti Indomaret masih buka.

Kondisi ini dikeluhkan pedagang Pasar Tradisional Balung.

“Pasar sudah tutup, namun sejumlah toko yang di luar berdempetan dengan pasar dan juga Indomaret tetap buka. Ini tidak adil,” kata salah satu pedagang Pasar tradisional Balung, berinisial PN, Senin (25/5/2020) siang.

Seharusnya, lanjut PN, semua toko yang berdempetan dengan pasar dan juga toko berjaringan di wilayah Kecamatan Balung harus ditutup semua agar tidak terjadi gejolak dimasyarakat (pedagang). Tetapi kenyataannya di lapangan masih buka. Sedangkan mall dan pasar tradisional sudah ditutup.

“Kemarin mall dan pasar tradisional di Balung sudah tutup. Tetapi sejumlah toko yang bersebelahan dengan pasar tradisional ada yang buka, termasuk Indomaret yang masih buka selama 24 jam non stop,” terangnya.

Pemilik Mall Dira Shopping Center Balung, Ponimin Tohari mengatakan, bencana COVID-19 ini tidak hanya pedagang kecil saja yang terdampak. Tetapi pengusaha besar pun sama.

“Kalau boleh jujur, sebetulnya keluhan kita itu sama apa yang dirasakan oleh pedagang pasar tradisional. Dan kami tidak pernah membanding-bandingkan dengan yang lainnya. Biar masyarakat dan pedagang yang menilainya,” kata Ponimin.

Ponimin menjelaskan, pengalaman kemarin pasca adanya penutupan tempat wisata dan pasar tradisional sebelum ada surat edaran Bupati Jember terkait penutupan mall dan pasar tradisional, di Balung tidak ada keluhan sedikit pun dari pedagang pasar. Bahkan dirinya mendengar yang dipersoalkan hanya masih bukanya toko-toko yang bersebelahan dengan pasar tersebut.

Ponimin berharap, pasca munculnya surat edaran Bupati Jember ini semoga tidak terjadi gejolak di masyarakat, terutama kepada pedagang pasar tradisional.

“Kami ikuti surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati. Dira Shopping Center telah kami tutup. Semoga penutupan mall dan pasar tradisional balung ini masyarakat ataupun pedagang serta pengusaha legowo tidak merasa dirugikan sepihak,” sambungnya.

Sementara itu, Camat Balung Widayaka mengatakan, pihaknya akan memberikan teguran kepada pengelola toko waralaba yang masih buka tersebut.

“Mulai besok kita ingatkan toko-toko waralaba yang masih buka tersebut, ayo ikut besok,” ucap Widayaka melalui sambungan telepon, Senin (25/5) sore.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *