Bupati Hj. Iti Octavia Jayabaya Resmikan Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Saidja Adinda Kabupaten Lebak 

oleh -187 views
Hj. Iti Octavia jayabaya Bupati Lebak didampingi Wakil Bupati H. Ade Sumardi beserta jajaran meresmikan Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Saidja adinda Kabupaten Lebak

LEBAK, Rabu (27/12/2017) suaraindonesia-news.com – Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati H. Ade Sumardi beserta jajaran meresmikan Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Saidja Adinda Kabupaten Lebak di Kota Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (27/12/2017).

Bupati mengatakan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak termasuk layanan perpustakaan Saidja Adinda, maka gedung tiga lantai yang berbentuk Leuit Baduy didirikan dan melalui pembangunan berbentuk leuit ini terkandung nilai-nilai filosofis lokal yang ingin kita lestarikan dan kita banggakan.

“Pemerintah daerah menghadirkan perpustakaan saidjah-Adinda dan segala fasilitasnya dengan harapan menjadi salah satu objek destinasi wisata edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya untuk warga yang tinggal di kota rangkasbitung tetapi juga bagi warga masyarakat dari luar Kabupaten Lebak dan wisata edukasi ini terintregasi dengan musium multatuli dan objek wisata budaya atau wisata-wisata alam yang terbentang mulai dari Cipanas,Lebak gedong, Gunung Kencana hingga pantai sawarna,” Ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, koleksi literasi perpustakaan saidja Adinda harus dapat memenuhi kebutuhan masyarkat umum, pondok pesantren dan para pelaku usaha yang mebutuhkan referensi untuk mengembangkan ilmu dan usahanya selain untuk mendongkrak tingkat literasi masyarkat pihak nperpusatkaan saidja adinda dan jajaran Dispkerpus perlu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam mengembangkan perpustakaan yang ada di desa, di sekolah dan di instansi pemerintah.

“Layanan pemerintah daerah kepada masyarakat dibidang administrasi pemerintahan perlu didukung  dengan sistem kearsipan yang baik.” Pungkas Bupati.

Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Saidja adinda yang berbentuk leuit, bagi masyarakat baduy sendiri leuit merupakan sarana dan lambang ketahanan pangan dan dalam leuit terkandung semangat kemandirian dan semangat perjuangan untuk tidak menyerah pada keadaan.

Reporter: A. Kohar
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan