Bupati Faida Ijinkan ASN Ikut Pilkades Dengan Syarat

oleh -89 views
Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Selasa (2/7/2019) suaraindonesia-news.com – Pada bulan september 2019 nanti, Jember mempunyai agenda kontestasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 161 desa yang tersebar di 28 kecamatan di Kabupaten Jember. Tentunya kontestasi demokrasi tersebut menarik minat dari sejumlah tokoh masyarakat untuk maju menjadi kepala desa, tak terkecuali bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Jember Faida mengambil sikap tegas bagi para ASN yang memang berminat untuk maju pada Pilkades 2019 ini untuk mengundurkan diri terlebih dahulu.

“Apabila ada ASN yang mencalonkan diri sebagai cakades, akan kami evaluasi permohonannya, mereka harus bersikap, karena posisi ASN tidak serta merta langsung terganti, akan kita pilih mana yang diijinkan dan mana yang tidak, kalau misal ada ASN dari kalangan guru, tentu akan mengganggu proses belajar mengajar,” terang Bupati Faida, selasa (3/7) siang.

Namun apabila ada ASN dari non guru, Bupati akan mempertimbangkan posisi ASN tersebut, serta track record selama menjadi ASN, jika formasinya sangat diperlukan, ASN tersebut juga harus bersikap.

“Tidak saya izinkan, atau mengambil sikap pensiun atau pensiun dini,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jember akan menyelenggarakan pilkades serentak dengan jadwal pencoblosan selama bulan September yaitu setiap hari kamis pada tanggal 5,12, 19, 26 September 2019.

Reporter: Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Dewi

Tinggalkan Balasan