Bupati Abdya Ir Jufri Tinjau Pelaksanaan UN Tingkat SMP Sederajat

Reporter: Nazli Md

Blangpidie, Suaraindonesia-news.com – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Ir, Jufri Hassannuddin MM mengaku sangat prihatin dengan kondisi Ruang Kegiatan Belajar (RKB) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Susoh, yang dinilai tidak layak.

“Saya sangat sedih dan prihatin setelah meninjau langsung ruang kegiatan belajar MTsN yang masih tidak memadai,” kata Bupati Jufri di sela-sela acara pemantauan pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP 2016, yang didampingi dua anggota DPRA Aceh  dari Komisi V, Hj Siti Nahziah, dan Nurlelawati, Kadisdik Drs Yusnaidi dan Kemenag Drs H Arijal di Blangpidie, Senin(9/5/2016).

Bupati serta rombongan melakukan peninjauan disejumlah sekolah yakni di SMPN 1 Blangpidie, MTsN Unggul Susoh, SMPN 1 Susoh dan SMP Unggul Tunas Bangsa.

Dari sejumlah sekolah yang ditinjau bersama rombongan, Bupati Abdya menemukan sejumlah ruangan kegiatan belajar-mengajar masih dibawah standart dan memiliki mobiler yang tidak layak pakai bagaikan zaman purba kala di MTsN Unggul Susoh.

“Saya pikir, walaupun MTsN ini berada dibawah naungan intasi vertikal, kita harus memikirkan untuk melakukan pembangunan terhadap sekolah ini guna kelancaran anak-anak dalam proses belajar,” katanya.

Karenanya, sebut jufri, untuk kelancaran anak-anak dalam proses belajar, Pemkab Abdya dalam waktu dekat akan mengambil kebijakan dengan melakukan pengembangan dan pembangunan supaya proses belajar mengajar di MTsN menjadi lebih nyaman.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Abdya Drs H Arijal mengatakan, minat siswa untuk sekolah pada MTsN Unggul Susoh selama ini sangat membludak, berhubung tidak memilii RKB yang cukup, sehingga banyak di antara siswa yang mendaftarkan diri tidak diluluskan.

“Minat siswa ikut tes pada MTsN Susoh sangat membuludak, baru-baru ini saja sebanyak 300 siswa yang mendaftar. Tetapi, yang diluluskan hanya sekitar 193 siswa, karena tidak cukup RKB,” katanya.

Arijal juga menjelaskan, jumlah total siswa yang bersekolah pada MTsN Unggul Susoh pada tahun ajaran 2015-2016 sebanyak 500 siswa, sedangkan jumlah RKB yang tersedia sebanyak 14 ruangan rata-rata dibawah standar nasional.

“Jumlah siswa saat ini sebanyak 500 orang, sedangkan jumlah RKB keseluruhan 14 ruangan, 5 ruangan di antaranya tidak layak pakai, atau dibawah standar nasional,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here