Bunda PAUD : Pentingnya Peningkatan Kapasitas dan Mutu Pendidik

Ketua GOPTKI Kabupaten Lumajang, Ny. Rahayu Agus Triyono, saat melaporkan kegiatan.

LUMAJANG, Kamis (7/11/2019) suaraindonesia-news.com – Bunda PAUD Kabupaten Lumajang, Hj. Musfarinah Nuryatin, M.Pd., membuka kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas dan Mutu Pendidik tahun 2019, di Gedung Kesenian dr. Soedjono Kabupaten Lumajang, tadi pagi.

Sesuai dengan tema yang di ambil, “Mari Berkreasi Untuk Anak Indonesia”. Peningkatan tersebut dilakukan melalui pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan dengan seni gerak dan lagu anak tematik.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan awal yang memang harus atau menjadi haknya anak-anak Indonesia agar mereka menjadi calon-calon generasi masa depan bangsa. Untuk itu, anak-anak sejak usia dini harus bisa dimunculkan karakter dan diasah kemandiriannya dimulai dari tingkat KB, PAUD dan TK. Itu semua bukan hal yang mudah bagaimana para guru membentuk karakter dan kemandirian anak.

Menurutnya, terlepas dari perkembangan anak-anak di usia dini, salah satu cara pendekatan kepada anak adalah dengan cara lebih kepada belajar tapi menyenangkan atau bermain sambil belajar. Itulah yang harus dimotivasi dan ditekankan kepada anak, sehingga anak-anak usia dini bukan hanya belajar namun juga dapat menyalurkan karakternya.

“Para guru-guru KB, PAUD dan TK, ini adalah pejuang-pejuang yang saya anggap pejuang luar biasa,” ujarnya.

Sementara Penasehat GOPTKI Kabupaten Lumajang, Drs. Agus Triyono, M.Si., mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang berterimakasih kepada GOPTKI dan Dinas Pendidikan yang telah meringankan tugas pemerintah dengan menyelanggarakan kegiatan workshop tersebut.

“Peliharalah lembagamu jagalah nama baiknya, meskipun lembagamu tidak bisa membuatmu kaya, tetapi lembagamulah yang bisa membuatmu hidup selama ini,” pesan Sekda.

Sedangkan Ketua GOPTKI Kabupaten Lumajang, Ny. Rahayu Agus Triyono, melaporkan bahwa tujuan dari workshop ini adalah agar para guru-guru PAUD dan TK mampu menyelaraskan diri dengan perkembangan cara belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan,
mampu mengenali bermacam – macam permainan anak, mampu menceritakan atau menuliskan cerita kandungan sebuah lagu, serta mampu menulis lagu serta mengetahui lagu – lagu anak terbaru untuk dipraktekkan dan disampaikan kepada anak didik di lembaganya masing – masing.

Kegiatan workshop dilaksanakan selama dua hari, dengan diikuti setiap gelombangnya 400 peserta, sehingga keselurahan total peserta yang mengikuti workshop peningkatan kapasitas dan mutu pendidik tahun 2019 yaitu 800 peserta terdiri dari guru PAUD Kabupaten Lumajang.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Oca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here