Bunda Indah : Pramuka Harus Bisa Lawan Isu Radikalisme

oleh -42 views
Wabup Lumajang saat mengukuhkan Mabisaka dan Pimsaka.

LUMAJANG, Rabu (6/11/2019) suaraindonesia-news.com – Pramuka adalah tenaga sumber daya manusia (SDM) yang siap melaksanakan apapun, demi kesatuan Negara Indonesia. Termasuk di dalamnya, adalah melawan isu nasional yang saat ini sedang berkembang di masyarakat, yakni isu radikalisme.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., yang juga merupakan Ketua Kwarcab Lumajang, pada acara pengukuhan pengurus Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Mabisaka) dan Pimpinan Satuan Karya (Pimsaka) Dinas Dalduk, KB, dan PP Kabupaten Lumajang Periode 2019 2024, di Balai Desa Banjarwaru, Kecamatan Lumajang, kemarin.

Wakil Bupati Lumajang yang kerap disapa Bunda Indah itu, menyebutkan bahwa Pramuka mempunyai peran penting dalam pembangunan nasional. Dijelaskannya, bekal yang diperoleh saat menjadi anggota Pramuka, yakni kepemimpinan, kemandirian dan kebersahajaan menjadi modal penting dalam hal melayani masyarakat. Selain itu, dengan menjadi anggota Pramuka, bisa memperoleh ilmu pengetahuan praktis, tentang bagaimana berkomunikasi dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Dengan bekal tersebut, diharapkan seluruh anggota Pramuka mampu untuk melawan radikalisme.

“Tugas Pramuka untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat, serta mengantisipasi dan melawan segala bentuk radikalisme,” ujarnya.

Lantas, ia berpesan kepada Pengurus Mabi, Pimpinan, Pamong, dan Instruktur Saka Kencana yang telah dikukuhkan, agar berperan aktif dalam pembentukan dan pembinaan tenaga kader, terutama dalam bidang pembangunan kependudukan dan keluarga berencana.

“Saya berharap, agar Pamong dan Instruktur terus semangat membimbing dan membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kependudukan dan keluarga berencana, yang merupakan bagian penting dalam pembangunan nasional,” jelasnya.

“Selamat kepada para Mabi, Pimpinan, Pamong, dan Instruktur Saka yang telah dikukuhkan. Selamat bekerja dan selamat berbakti dalam naungan gerakan Pramuka, khususnya Saka Kencana,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, sebanyak 7 anggota Pramuka telah dikukuhkan menjadi Mabi Saka Kencana, 6 orang dikukuhkan menjadi Pimpinan Saka Kencana, 3 orang dikukuhkan menjadi Pamong Saka, dan 10 orang dikukuhkan menjadi Instruktur Saka. Pengukuhan tersebut, berdasarkan pada SK Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang Nomor: 54 Tahun 2019.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *