Bumdesa Karya Mandiri Desa Balung Kulon Masuk 6 Terbaik se-Jatim

oleh -258 views
Tim penilai dari Pemprov Jatim saat melaksanakan penilaian pada Bumdesa Karya Mandiri. (Foto: Guntur Rahmatullah/SI).

JEMBER, Jumat (20/8/2021) suaraindonesia-news.com – Badan usaha milik Desa (Bumdesa) Balung Kulon, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember berhasil masuk 6 Bumdesa terbaik se-Jawa Timur dalam kompetisi Bumdes yang diselenggarakan oleh Dispemasdes Pemprov. Jatim. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa pada Dispemasdes Pemprov. Jatim, Endah Binawati saat melaksanakan penilaian lapang di Desa Balung Kulon, Jumat (20/08/2021).

Endah, yang juga Ketua Tim Penilai menyampaikan ada beberapa aspek yang dinilai di antaranya aspek kelembagaan, pengelolaan usaha, aspek keuangan, kemitraan, dampak dan aspek pembinaan dan pembinaan dan pertanggung jawaban.

Endah bersama timnya, melaksanakan penilaian di dua tempat usaha milik Bumdesa Karya Mandiri milik Desa Balung Kulon, yaitu usaha pengelolaan sampah serta usaha kerajinan.

“Ini sudah tahapan terakhir, 6 Bumdesa terbaik sudah berhasil kita tentukan, saat ini untuk menentukan pemenang terbaik 1 hingga 3,” ungkap Endah.

Endah menyampaikan, Bumdesa Karya Mandiri adalah Bumdesa yang luar biasa, yang memiliki 2 unit usaha yakni kerajinan dan pengelolaan sampah dikelola oleh para pemuda. Dia berharap dukungan dari pemerintah desa dan pemerintah kabupaten juga harus bersambut.

“Saat ini ada alokasi permodalan khusus dari Ibu Gubernur Jatim untuk pengembangan Bumdesa sebesar Rp. 75 juta dan saat ini sedang proses realisasi,” sambung Endah.

Dia merincikan keenam terbaik Bumdesa tersebut berasal dari Kabupaten Jember, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dispemasdes Pemkab Jember, Adi Wijaya bersyukur Bumdesa dari Jember masuk 6 besar terbaik di Jawa Timur. Dia menyampaikan dari prosesnya ada beberapa tahapan yang telah dilalui yakni mulai dari pendaftaran, presentasi, seleksi 12 besar, seleksi 6 besar hingga saat ini dilakukan penilaian lapang untuk ditentukan pemenang 1, 2 dan 3.

“Penilaian lapang ini untuk memastikan apa yang dipresentasikan sesuai dengan kenyataannya. Bumdesa Karya Mandiri ini merupakan Bumdesa dengan kualitas yang bagus menurut kami dan kami pilih untuk dikompetisikan,” ungkap Adi.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *