BPR Bapuri Diluruk Puluhan Massa, Ini Penyebabnya

oleh -314 views
Massa saat berunjuk rasa di depan BPR Bapuri. (Foto: Guntur/SI)

JEMBER, Senin (30/10/2017) suaraindonesia-news.com – PT. BPR Bapuri Jember diluruk oleh puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Korban Perbankan (APKP) Jember, Senin (30/10) siang.

Mereka berunjuk rasa mendesak bank ini untuk mengembalikan tanah dan rumah atas nama Almarhum Suratmin, di Perum. Bumi Mangli Permai (BMP) Blok GC. 22, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur.

Bukan tanpa sebab, Korlap Aksi, Dwi Agus Budiyanto menyebut Bank ini telah melakukan berbagai praktik yang tidak beres atau janggal dalam proses pemberian pinjaman kepada nasabah.

“Proses hutang piutang banyak cacatnya, bahkan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mempermasalahkan terhadap cara hitung mereka (Bapuri),” ucap Dwi Agus, Korlap aksi.

Baca Juga: Dinkes Lebak Serius Mendorong Terwujudnya Program Germas 

Dwi Agus menceritakan bahwa Nasabah mempunyai hutang sebesar Rp. 30 juta dengan jaminan Rumah tipe 36, ukuran 8×12 meter, bangunan 2 lantai.

“Namun pada tanggal 30 Desember 2011, Kredit atas objek jaminan tanah dan rumah milik debitur Alm. Suratmin telah dilunasi oleh pemegang saham,” lanjutnya.

Dengan ditebusnya pinjaman debitur oleh pemegang saham (orang dalam, red), Mereka mengindikasikan ini sudah kecurangan pertama.

Kecurangan kedua, mereka mempermasalahkan pelelangan sewenang-wenang atas jaminan tersebut tanpa adanya ijin pemilik jaminan (debitur).

“Padahal debitur telah beriktikad baik mau menyicil atau membayar, namun jaminan dilelang tanpa ijin,” ungkapnya.

Ditambah lagi, pinjaman membengkak hingga nilai 100 juta dimana kondisi ini sangat memberatkan debitur untuk melunasinya.

Terlihat unjuk rasa ini mengalami deadlock dikarenakan pihak PT. BPR. Bapuri yang enggan keluar untuk bertemu langsung dengan para perwakilan aksi. (Gun/Jie)

Tinggalkan Balasan