BPN Kota Sukabumi Adakan Peringatan Hantaru Di Kantor Dishub Kota Sukabumi

Kepala BPN Kota Sukabumi AW Ganjar (tengah) saat Peringatan Hantaru

SUKABUMI, Senin (24/09/2018) suaraindonesia-news.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Sukabumi mengadakan peringatan hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) di kantor dinas perhubungan (Dishub) Sukabumi, Senin (24/09). Pada saat upacara, Walikota Sukabumi bertindak sebagai inspektur upacara.

Kepala BPN Kota Sukabumi AW Ganjar menuturkan, alasan dilaksanakannya upacara di Dinas Perhubungan karena Kantor BPN Kota Sukabumi sedang dalam proses renovasi gedung, maka upacara dalam rangka hari agraria dan tata ruang tahun 2018 dilaksanakan di kantor dinas perhubungan Kota Sukabumi, selain itu karena bersamaan dengan hari Perhubungan nasional.

“Dalam upacara tersebut, kantor BPN Sukabumi menyerahkan sertifikat tanah atas nama Pemerintah Kota Sukabumi sebanyak 12 bidang dan penyerahan satya lancana Karya Satya kepada 4 orang aparatur sipil negara,” kata AW Ganjar.

Adapun rincian penyerahan tersebut adalah Arif chozali (satya lancana karya Satya 30 tahun), Diding Rosidin, SH, (satya lancana karya Satya 30 tahun), Fransiscus muljoto, S,Alt ( Satya lancana karya Satya 20 tahun), Virdiani iryadi, A.MD (Satya lancana karya Satya 20 tahun).

Selain kegiatan diatas, BPN Kota Sukabumi dalam tahun anggaran 2018, selain kegiatan rutin pelayanan pertanahan kepada masyarakat di loket, ada beberapa kegiatan antara lain,
Pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Pada tahun 2018 BPN Kota Sukabumi memperoleh kuota sebanyak 30.000 bidang untuk seluruh wilayah Kota Sukabumi yang meliputi 7 kecamatan dan 33 Kelurahan.

“SDM BPN Kota Sukabumi yang melaksanakan kegiatan PTSL sebanyak 30.000 bidang fisik maupun yuridis adalah seluruh ASN (36orang) dan PTT (38orang) serta oleh surveyor anak-anak PKL dan yang sedang magang dan dibantu oleh aparat kelurahan setempat,” tuturnya.

Selain itu kata AW Ganjar ada LP2B, yaitu lahan pertanian pangan berkelanjutan yang bertujuan untuk mewujudkan kemandirian ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Untuk tahun 2018 kegiatan LP2B di kantor BPN Kota Sukabumi dilaksanakan oleh seksi pengaturan dan penataan pertahanan yaitu melakukan pendataan di seluruh wilayah Kota Sukabumi (7 kecamatan dan 33 Kelurahan) melalui inventarisasi dan identifikasi di lapangan yang hasilnya diolah dan dianalisis berdasarkan intensitas tanam, sistem irigasi dan persebaran lahan kering.

“Untuk pengadaan tanah bocimi 2 seksi 4 kata AW Ganjar, jumlah keseluruhan 221 bidang seluas 9,90 ha dengan panjang 1,36 KM yang meliputi Kecamatan Gunung Puyuh Kelurahan Karang Tengah dan Kecamatan Cikole. Untuk Kelurahan Kramat sebanyak lima bidang seluas 0,14 ha dan panjang 0,04 km dan Kelurahan subangjaya sebanyak 71 bidang luas 3,05 ha dan panjang 0,92 km,” terangnya.

Untuk Progres tahapan pengadaan tanah yang telah dilaksanakan ungkap AW Ganjar meliputi sosialisasi dengan Para pemilik tanah dengan telah dibentuknya pelaksana pengadaan tanah satgas A dan satgas B. Dan hasil identifikasi satgas A dan Satgas B telah diumumkan di masing-masing kelurahan, kecamatan dan masing-masing lokasi pengadaan tanah.

“Sedangkan persiapan penilaian ganti rugi oleh tim penilai/apraisal dan seluruh kegiatan pengadaan tanah selalu berkoordinasi dengan kementerian PUPR, instansi terkait, TP4D dan Polresta Sukabumi,” imbuhnya.

Sementara untuk kegiatan olahraga dan seni kata AW Ganjar meliputi tenis meja, futsal, catur, gaple dan lomba menyanyi.

“Untuk kegiatan bakti sosial berupa kunjungan ke panti sosial dan donor darah dan kegiatan lain adalah jalan santai yang akan dilaksanakan pada hari Jumat 28 September jam 07.00 wib dengan rute sekitar 5 km,” pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here