BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Kunjungi Kabupaten Nias

oleh -330 views
Kepala Inspektur saat menyampaikan laporannya.

NIAS, Selasa (12/4/2022) suaraindonesia-news.com – Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan beserta rombongan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Nias. Selasa (12/4).

Dalam agendanya, Eydu Oktain Panjaitan dan rombongan akan melakukan pemeriksaan terinci atas LKPD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2021.

Kepala Inspektur Daerah Kabupaten Nias, Andika P. Laoli menjelaskan bahwa saat ini Tim BPK sedang melakukan pemeriksaan terinci yang sebelumnya sudah kurang lebih 1 (satu) bulan yang lalu telah melaksanakan pemeriksaan interim.

“Dalam beberapa catatan tim, ada permasalahan di dalam pemeriksaan atas LKPD Tahun Anggaran 2021. Kami berharap setelah 7 (tujuh-red) tahun WDP ke depannya dapat menjadi WTP,” ujar Inspektur Daerah Kabupaten Nias itu, bertempat di ruang serbaguna Kantor Bupati Nias, lantai III.

Masih di kegiatan yang sama, Bupati Nias, Ya’atulo Gulo mengungkapkan jika pihaknya sangat menyambut baik kedatangan BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Nias.

“Kepada seluruh perangkat daerah agar kooperatif dalam memberikan data dan dokumen yang diminta oleh BPK-RI agar tidak ada temuan yang akan berpotensi pada catatan buruk Kabupaten Nias terhadap pengelolaan keuangan daerah sehingga data tersebut dapat menghasilkan target berupa prestasi opini WTP,” ucapnya.

Menanggapi harapan Bupati Nias, Eydu mengapresiasi konsep maupun target kerja Bupati Nias yang bisa memberikan perubahan.

“Terkait pemeriksaan, kami melakukannya secara terinci dan interim dan saat ini kami memberikan keyakinan yang memadai karena Pemerintah Kabupaten Nias sudah menyerahkan LKPD sebelumnya dan sedang dalam proses pemeriksaan secara terinci. Kami memberikan penilaian yang positif dan wajar dimana apabila laporan tersebut mengikuti prinsip akutansi dengan baik maka semua harapan selama ini dapat terwujud,” ucap Eydu.

Diakhir penyampaiannya, Eydu berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Nias agar pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan dapat lebih akuntabel, transparan, depedency, integritas dan profesional.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, para Asisten Sekda Kabupaten Nias, para Kepala OPD, Dirut UPTD RSUD Dr. M. Thomsen Nias serta para undangan lainnya.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan