BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Tandatangani Kerjasama Dengan Dinas PM-PPTSP Kota Gunungsitoli

Foto bersama BPJS kesehatan dengan pihak pemerintah

GUNUNGSITOLI, Selasa (5/2/2019) suaraindonesia-news.com – BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli tandatangani kesepakatan kerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PM-PPTSP) Kota Gunungsitoli, hal ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di Kepulauan Nias, dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dari Peserta JKN-KIS khususnya segmen peserta Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU-BU).

Pentingnya penegakan kepatuhan bagi badan usaha, bertujuan untuk memastikan bahwa pekerja telah mendapatkan jaminan perlindungan kesehatan dari pemberi kerja. Hal ini tentunya sangat penting, karena jaminan kesehatan merupakan bagian hak asasi manusia yang harus dijamin. (04/02)

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah, penandatanganan kerjasama ini dilandasi oleh Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 2013 tentang Tata Cara Hubungan Antar Lembaga Badan Penyelenggara Jaminanan Sosial, Pasal 2 ayat (1).

“Ini dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan progran jaminan sosial bekerja sama dengan lembaga pemerintah,” tutur Harry.

Lanjut Harry, kerja sama yang dijalin oleh BPJS Kesehatan dapat dilaksankan ditingkat pusat maupun ditingkat daerah.

Harry juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas PM-PPTSP kota Gunungsitoli yang telah berkontribusi besar dalam membantu penegakan kepatuhan bagi badan usaha yang berada di Kota Gunungsitoli.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Dinas PM-PPTSP Kota Gunungsitoli, atas kerja sama dan komunikasi yang terjalin baik diantara para pihak. Harus kami sampaikan, bahwa keberhasilan dan keberlangsungan program JKN-KIS di Indonesia, khususnya di Kepulauan Nias tidak terlepas dari support pemerintah Kota Gunungsitoli, termasuk Dinas PM-PPTSP yang juga mengurus ketenagakerjaan di Kota Gunungsitoli,” terang Harry.

Menurutnya, sudah banyak kunjungan badan usaha yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dan Dinas PM-PPTSP secara bersama – sama, guna menegakkan kepatuhan Badan Usaha.

“Lewat penandatanganan perjanjian kerjasama ini, kami berharap dapat mempererat kerja sama yang telah terjalin diantara para pihak, dan semoga badan usaha dalam hal mendaftarkan pekerjan, membayar iuran, dan menyampaikan data pekerja secara benar, dapat terwujud di Kota Gunungsitoli,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas PM-PPTSP Kota Gunungsitoli, Deslawati Zega, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli atas komunikasi dan koordinasi yang terjalin baik diantara para pihak.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli yang telah banyak berkontribusi dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Kota Gunungsitoli dan turut serta memperjuangkan hak untuk sehat bagi para pekerja secara khusus,” tetangnya.

“Saya berharap, dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama diantara BPJS Kesehatan dan Dinas PM-PPTSP Kota Gunungsitoli, tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud,” ujarnya.

“Kami sebagai dinas yang juga membawahi bidang ketenagakerjaan, siap melakukan fungsi pengawasan dan kepatuhan bagi badan usaha dalam skema JKN-KIS, terlebih dengan adanya penandatanganan Perjanjian kerjasama, maka secara otomatis kami akan menjalankan isi perjanjian tersebut dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Ia berharap, perjanjian ini tidak hanya sekedar dokumen saja, melainkan adalah sebagai legitimasi bagi para pihak untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab dimasing-masing pihak.

“Semoga dengan upaya ini, tingkat kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, khususnya pekerja dapat mengalami perbaikan dan peningkatan,” tutupnya.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here