BPBD Sukabumi Tinjau Lokasi Banjir, Warga Minta Kedepannya Tidak Ada Banjir Lagi

oleh
BPBD Sukabumi, bersama pihak Kecamatan, Pemdes, dan Warga saat meninjau dilokasi Banjir. kp. Babakan Rt. 26/9.

SUKABUMI, Sabtu (21/3/2020) suaraindonesia-news.com – BPBD, Kecamatan, dan Pemdes Meninjau Lokasi Banjir di Kp. Babakan Rt 26/9 Desa Pondok Kaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Anita Mulyani, Kepala Bidang (Kabid) rehabilitasi dan rekontruksi BPBD Kabupaten Sukabumi menjelaskan, Agenda hari ini dalam rangka menindak lanjuti laporan beberapa titik yang ia terima tentang bencana terutama longsor dan banjir.

“BPBD sendiri berbagi orang di beberapa titik,” kata Anita Mulyani. Sabtu (21/3).

Menurutnya, agenda hari ini bekerja sama dengan camat Parungkuda, untuk melihat langsung kondisi masyarakat dan memang harus segera ada tindak lanjut.

“Mudah – mudahan kami bisa bekerja sama dengan Dinas PU, bersama Dinas Perkimsih bagaimana caranya untuk mengatasi bencana ini, mudah mudahan dalam waktu dekat kita bisa berkordinasi,” tuturnya.

Disinggung terkait beberapa titik kejadian bencana seperti ini yang paling parah. Menurutnya, hampir semuanya parah, karena menyangkut masyarakat banyak.

“Masyarakat yang tergenang rumahnya cukup banyak, ada yang benar benar hanyut, sebenarnya kalau bicara ke yang parah saya rasa semua bencana tidak ada yang ringan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, BPBD Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan secara simbolis.

“Kami tetap berkordinasi bagaimana menangani bencana bencana ditengah masyarakat, yang pasti kami tidak tinggal diam setelah laporan masuk kekantor kami, kami langsung menindaklanjuti,” ujarnya.

Anita Mulyani juga menjelaskan, untuk sungai kecil yang ada di kp Babakan bisa multi untuk masuk ke daerah kewenangan manapun, masuk ke perkim, bisa masuk ke BPBD.

“Ini multi sebenarnya, kalau sudah berbicara bencana seperti ini bisa masuk keranah kewenangan mana tidak bisa, ini tanggung jawab bersama,” tegasnya.

“Termasuk dengan Desanya sendiri, karna tanggung jawab Desanya, termasuk dengan wilayahnya yang punya wilayah, termasuk camat juga karena termasuk wilayah beliau juga yang memang harus ikut memikirkan masyarakat disini yang terkena musibah banjir,” pungkasnya.

Dikonfirmasi dilokasi, Ujang Sopandi, Kepala Desa (Kades) Pondok Kaso Landeuh mengucapkan terimakasih kepada tim dari BPBD yang sudah meninjau musibah banjir di rt 26/9 Desa Pondok Kaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda.

“Kami atas nama kepala Desa meminta kepada instansi terkait, agar secepatnya musibah banjir di Rt 26 ini di tanggulangi,” pintanya.

Ia berharap kejadian ini jangan sampai menjadi langganan tiap tahun.

“Kami dari pemerintahan Desa, akan berkoordinasi dengan Desa Babakan Jaya karna ini melibatkan dua Desa, karna air itu meluapnya hampir 90% datangnya dari Babakan Jaya, maka dari itu mungkin nanti kita bisa duduk bersama bagai mana solusi terbaiknya,” tukasnya.

Reporter : Asep Sopandi
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *