BPBD Kota Batu Dorong Tiap Desa dan Kelurahan Bentuk Desa Tangguh Bencana

oleh -54 views
Bencana alam yang terjadi di kota Batu beberapa pekan lalu.

KOTA BATU, Jumat (6/12/2019) suaraindonesia-news.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur, mendorong di tiap Desa dan Kelurahan di tiga wilayah Kecamatan di kota Batu dapat membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana). Hal ini dimaksudkan sebagai upaya pengurangan risiko jika terjadi bencana di daerahnya.

“Namun sampai saat ini dari 24 desa dan kelurahan di kota Batu, baru 11 Desa yang telah terbentuk Destana, sedangkan tahun ini 2019 ada empat Desa dan kelurahan terbentuk pada tingkat pratama,” kata Kepala BPBD kota Batu Sasmito, saat dihubungi, Jumat (6/12).

Menurutnya, sebelumnya ada tujuh desa dan kelurahan yang telah terbentuk destana, sesuai program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Destana tuntas tahun 2020. Ia juga mengatakan tahun 2019 ini BPBD kota Batu memprioritaskan pada daerah yang rawan terjadi bencana, termasuk Desa Sumberbrantas dan Punten.

“Kami berharap nantinya di tiap Desa nantinya dibentuk Destana. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan bencana alam. Kami ingin tiap Desa tangguh dalam menghadapi bencana apapun,” ujar Sasmito.

Kalau sudah terbentuk, lanjutnya, BPBD bisa memberikan penguatan berupa pelatihan sehingga mereka siap bila dibutuhkan. Mereka yang terlibat dalam Destana diantaranya adalah perangkat Desa, Tim Penggerak PKK, Linmas, BPD, Forum anak dan Karang Taruna, dengan total anggota sekitar 35 orang.

35 orang, kata Kasmito adalah mereka yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan.

Sasmito juga beralasan, mendesaknya pembentukan Destana mengingat saat ini juga sudah masuk musim penghujan. Kendati tidak mengharap terjadinya bencana, minimal dengan terbentuknya Destana, masyarakat mampu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di wilayahnya.

Menurut Sasmito, sebenarnya di tiap desa dan kelurahan saat ini sudah terbentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB). FPRB ini bisa menjadi cikal bakal terbentuknya Destana.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *