Bima Arya Letakkan Batu Pertama Rehabilitasi Masjid At-Taqwa, Tampung 700 Jemaah

oleh -95 views
Wali Kota Bogor, Bima Arya, saat peletakan batu pertama rehabilitasi Masjid At-Taqwa.

KOTA BOGOR, Rabu (30/06/2021) suaraindonesia-news.com – Peletakan batu pertama rehabilitasi Masjid At-Taqwa di Komplek Balai Kota Bogor, jalan Ir. H. Juanda 10, Kecamatan Bogor Tengah, dilakukan Wali Kota Bogor, Bima Arya, Rabu (30/06/2021) siang.

Anggaran perluasan dan rehabilitasi ini bersumber dari APBD Kota Bogor tahun 2021 sebesar Rp 2,68 Miliar.

Proyek ini dikerjakan PT Vanca Utama Perkasa selaku kontraktor pelaksana, mulai 25 Juni 2021 hingga 150 hari ke depan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, Masjid At-Taqwa ini kapasitasnya sudah sangat terbatas. Sementara jemaahnya, baik dari lingkungan pemerintah kota maupun dari luar terus bertambah.

“Jadi sudah lama sebetulnya kita ingin melakukan pengembangan atau revitalisasi. Bukan saja lebih luas, tapi lebih nyaman dan bentuknya juga lebih indah,” katanya.

Dia berharap perluasan Masjid ini berjalan lancar sesuai dengan target, meski di tengah situasi sulit pandemi Covid-19.

“Insya Allah kita niatkan di masa yang sulit ini, masa yang tidak mudah ini. Apa yang kita lakukan Insya Allah mendapat ridho dari Allah SWT. Mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Kota Bogor, Yadi Cahyadi menyatakan, untuk sementara semua aktivitas di Masjid At-Taqwa dihentikan hingga pembangunan masjid ini rampung.

“Untuk sementara masjid ditutup sampai pelaksanaan selesai, yaitu selama 150 hari. Jadi tidak ada kegiatan beribadah dulu demi keamanan, karena ada bongkaran-bongkaran diatas,” ujarnya.

Di rehabilitasi Masjid ini kata Yadi, dari segi struktur bangunannya ada penambahan 4 kubah. Kemudian, mimbar akan ditempatkan di tengah atau center.

“Jadi akan berbeda dengan yang sebelumnya, artinya ada perluasan. Ada kurang lebih 212,16 meter persegi penambahan luasan rehabilitasi ini,” sebutnya.

Yadi merinci, sebelum rehabilitasi Masjid At – Taqwa luasan exisitingnya 426,4 meter persegi dengan daya tampung jemaah di lantai bawah dan atas kurang lebih 500 jamaah.

“Setelah rehabilitasi daya tampung jemaah menjadi kurang lebih 700 jemaah atau ada penambahan 200 jemaah,” katanya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *