Bima Arya Dampingi Mendag Operasi Gula di Pasar Bogor

oleh -140 views
Wali Kota Bogor, Bima Arya (kanan) dampingi Menag saat operasi Gula

BOGOR, Minggu (17/05/2020) suaraindonesia-news.com – Wali Kota Bogor Bima Arya mendampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melakukan pemantauan stok dan harga kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H di Pasar Baru Bogor, Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Minggu (17/05).

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan operasi pasar dengan menjual gula pasir murah untuk menstabilkan harga yang tinggi dipasaran.

“Tadi bersama-sama ke dalam melihat harga ada beberapa komoditas naik tapi cenderung stabil. Ada juga laporan dari pedagang, pembelian ini turun sampai 50 persen,” ungkap Bima Arya.

“Mudah-mudahan ini karena masih fase penyesuaian dan juga mungkin ada imbas dari PSBB yang berlaku ketat. Tapi Insya Allah dengan turunnya Kementerian Perdagangan ini dengan operasi pasar membuat harga yang tadinya agak tinggi sekarang bisa dinormalkan kembali karena setiap hari diintervensi, kita berharap masa sulit segera selesai, PSBB tahap tiga juga cepat selesai dengan hasil-hasil yang baik agar situasi normal roda ekonomi menggeliat kembali,” tambahnya.

Dalam operasi pasar tersebut, gula pasir dijual dengan harga Rp 12.500 atau jauh lebih murah dari harga pasar saat ini yang mencapai Rp20 ribu. Setiap pembelian akan dibatasi hanya 2 kilogram per KTP.

Di tempat yang sama, Mendag Agus Suparmanto menyatakan, operasi pasar gula pasir ini untuk menurunkan harga sehingga bisa terjangkau oleh konsumen.

“Untuk pasar ini kita akan drop bekerjasama dengan rosebrand. Kita distribusikan 12 ton per hari, khusus pasar ini. Sehingga konsumen juga akan terbantu harganya lebih turun dari biasanya,” ujar Agus.

Sementara itu Ketua Satgas Pangan Polri Brigjen Daniel Tahi Monang menegaskan akan menindak tegas oknum yang menaikan harga komoditas yang tidak wajar.

“Kami dari Satgas Pangan terus mengawal operasi pasar yang dilakukan oleh Kemendag dan lainnya. Hasil pengecekan kami di lapangan harga masih stabil dan semua pedagang pasar menyadari ini tanggung jawab semua membuat harga terjangkau untuk masyarakat,” terangnya.

“Kami mengingatkan apabila ada pedagang atau distributor atau subdistributor yang memainkan harga sehingga tidak terjangkau atau mengalami kenaikan yang signifikan silahkan dilaporkan, kami akan tindak. Kami ingatkan pedagang agar memelihara harga ini tetap terjangkau,” pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan