Berikut Sinergi Menteri Pertanian dan Pemkab Jember Sejahterakan Rakyat

oleh
Menteri Pertanian, Andi Amran saat memberikan penjelasan. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Rabu (23/5/2018) suaraindonesia-news.com – Setelah Bondowoso, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kota Karnaval Dunia, Jember guna menyerahkan langsung bantuan hewan ternak serta bibit kopi dalam program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja).

Menteri Andi Amran menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat mempersiapkan bantuan ternak sejumlah total 10 juta ayam untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia kemudian masyarakat akan diberdayakan oleh Pemerintah sampai bisa mengelola budidaya ayam tersebut.

“Kita bagikan 50 ekor ayam per KK, saya dan Ibu Bupati Jember tadi sudah sepakat guna membangun cluster, dimana setiap cluster ini terdiri dari 3 kecamatan yang saling berdekatan,” kata Menteri Pertanian RI, Andi Amran di sela-sela kunjungannya, siang hari ini.

Kemudian masyarakat yang telah menerima bantuan ternak ayam tersebut akan didampingi oleh petugas pendamping dari Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Kita edukasi masyarakat dengan pendampingan, ayam ini nantinya bisa bertelur setiap hari, dan setelah bertelur, kita ajari cara penetasan yang benar dan sebagian telur lagi kita bagikan ke saudara-saudara kita yang pra-sejahtera” imbuh Menteri.

Selain ternak ayam, juga ada kambing dan bibit tanaman kopi unggul supaya ditumbuh kembangkan oleh masyarakat, Mentan optimis dengan cara ini maksimal 1 tahun ke depan, Indonesia sudah bisa terlepas dari kemiskinan.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menerangkan bahwa pendamping dari Pemerintah Daerah nantinya akan memanfaatkan para mahasiswa pertanian.

“Mahasiswa pertanian nanti diikutkan TOT, kemudian juga mendampingi masyarakat, untuk menyukseskan program pengentasan kemiskinan kuncinya adalah SDM (Sumber Daya Manusia),” terang Bupati Jember, Faida.

Faida berjanji jika program ini bisa berhasil maka juga akan dianggarkan menggunakan anggaran Pemerintah Daerah.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Panji
Publiser : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *