Berharap Bisa Bersaing Dalam Manajemen PAUD, Dispendik Nias Adakan Gebyar PAUD

oleh -37 views
Wakil Bupati Nias saat menyalami para anak usia dini di acara gebya

NIAS, Selasa (18/09/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) kabupaten Nias melaksanakan acara gebyar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) se-Kabupaten Nias.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH., MH yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pendidikan – Gido, Selasa (18/09).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Atobali Laoli, S.Pd.SD menyampaikan kondisi perkembangan PAUD se-Kabupaten Nias saat ini.

“Agustus 2018 ini wilayah Kabupaten Nias terdapat 2 TK Negeri, 11 TK Swasta, 96 PAUD KB dan 14 PAUD SPS dengan jumlah keseluran 123 sekolah. Dari 123 sekolah tersebut terdapat 4.032 siswa, sedangkan tenaga pendidik TK/PAUD terdapat 400 orang. Dari 170 desa yang ada di Kabupaten Nias terdapat 99 Desa yang memiliki PAUD sedangkan 71 Desa lainnya belum memiliki PAUD,” tutur Atobali.

Lebih lanjut Kadis Pendidikan Kabupaten Nias itu melaporkan jenis lomba gebyar PAUD tahun 2018. Pada pelaksanaan gebyar PAUD kali ini, panitia melaksanakan berbagai lomba dari tingkatan Kecamatan hinggal Kabupaten, seperti lomba bercerita dengan tema “Kebersihan”, lomba memindahkan bola kecil, lomba vokal solo, tari tradisional Nias hingga peragaan budaya tradisional.

“Maksud dari gebyar PAUD tersebut tidak lain adalah agar lembaga PAUD se-Kabupaten Nias dapat bersaing dalam manajemen pendidikan usia dini serta anak usia dini dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dan berprestasi melalui gebyar PAUD tersebut,” terang Kadis Pendidikan Kabupaten Nias dalam laporannya.

Pada bimbingan dan arahannya, Wakil Bupati Nias menyampaikan pentingnya pendidikan usia dini. Menurutnya, Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.

“Awal kehidupan anak merupakan masa yang sangat tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak dapat berkembang secara optimal,” terang Wakil Bupati Nias.

Selain itu, Wakil Bupati juga menghimbau stekholder untuk senantiasa mensosialisasikan surat edaran Bupati terkait satu Desa miliki minimal satu PAUD.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Nias beserta Nyonya, Para pengurus PKK Kecamatan, Para Guru Paud, serta ratusan anak didik usia dini.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *