Berdayakan SDM Melalui Kegiatan Pramuka di Desa Cangkreng

oleh -44 Dilihat

Sumenep, suaraindonesia-news.com – Upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Cangkreng Kecamatan Lenteng tidak hanya dilaksanakan melalui program-program pemberdayaan yang dilaksanakan melalui instansi terkait. Namun, perlu juga pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berbudi pekerti baik. Hal tersebut ditegaskan Kepala desa Cangkreng, Amin Zali, SH , Sabtu (14/12).

Menurutnya, salah satu upaya untuk mencetak kader masyarakat yang memiliki budi pekerti dan perilaku yang baik, yakni dengan banyak melibatkan anak-anak muda dengan berbagai kegiatan positif dan mengandung nilai pendidikan budi pekerti dan skill, seperti yang ada dalam Kepramukaan.

 “selama ini Pramuka masih banyak yang menganggap kegiatan permainan, padahal dalam kegiatan Pramuka justru banyak manfaat yang diperoleh baik untuk kepribadian maupun dalam pengembangan keterampilan.”ungkapnya.

Karena itu, sebagai Kepala Desa Cangkreng yang baru menjabat Kades yang sebelumnya aktif sebagai inteljen di Kodam V Brawijaya dengan pangkat terakhir sersan mayor ini, ingin mengembangkan kegiatan kepramukaan di desanya. Bahkan, pihaknya ingin mengaktifkan kegiatan Pramuka di Gudep SD-SMA di Yayasan Tanwirul Hija yang ada di Desanya sebagai pangkalan utama.

Dengan pengalaman mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) di Malang dan sebagai Instruktur Pramuka Saka Wira Kartika di Kodim Surabaya Timur, Amin Zali bertekad untuk membangunkan adik-adik Pramuka di Desanya, untuk banngkit dan menunjukkan Pramuka bisa. Artinya, melalui kegiatan Pramuka, generasi muda akan lebih mantap untuk berkarya nyata.

 “untuk membina adik-adik Pramuka di Desa Cangkreng, kami juga akan bekerjasama dengan Kwarran Lenteng dan Kwarcab Sumenep. Agar pembinaannya lebih semangat dan lebih terarah.”pungkasnya.

Reporter : (ren)

Tinggalkan Balasan