Berbagai Terobosan Baru PMI Jember Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat

Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki (baju putih) menyerahkan kartu pendonor dengan nomer urut 001 kepada Bupati Jember, Faida. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Senin (28/1/2019) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR meresmikan gedung baru Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Jember yang berlokasi di Jalan Srikoyo 115 Patrang Jember, tadi siang.

Pembangunan gedung ini merupakan langkah mandiri PMI Jember dan menjadi bukti keseriusan Pengurus PMI Jember yang baru di bawah kepemimpinan H. EA. Zaenal Marzuki, SH, MH. Gedung baru UDD PMI Jember ini berdiri di atas lahan tanah seluas 1.100 meter persegi, dengan bangunan 2 lantai dan akan ditambah lagi menjadi 3 lantai. Alasan dibangunnya Gedung baru ini menurut Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki adalah Gedung UDD yang lama dinilai kurang representatif lagi karena terlalu kecil yaitu berdiri pada tanah seluas 300 meter persegi.

“Ini merupakan langkah kami untuk meningkatkan kualitas serta menjamin ketersediaan darah untuk wilayah Kabupaten Jember. Selain gedung yang baru, kita juga sudah mempunyai laboratorium sendiri dimana saat ini di Jawa Timur yang mempunyai laboratorium selengkap ini hanya Surabaya dan Jember,” terang Zaenal.

Untuk ketersediaan darah, Zaenal menerangkan bahwa PMI Jember mampu menyediakan hingga 3500 kantong darah dalam sebulan untuk memenuhi kebutuhan di Jember juga kota-kota di sekitar.

“Bahkan kita (PMI Jember) diminta oleh Propinsi menjadi penyangga ketersediaan darah secara nasional,” ucapnya.

Dalam kepengurusan ini juga dilakukan penyempurnaan manajemen untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, oleh sebab itu, Pengurus menambah 3 unit kepengurusan baru di antaranya, unit hukum untuk memayungi seluruh aturan-aturan hukum kepalangmerahan, kedua yaitu unit audit internal setiap 6 bulan sekali untuk menjaga transparansi, dan ketiga yaitu unit humas karena urusan PMI Jember adalah urusan masyrakat sehingga progres serta masukan maupun kritiknya bisa melalui humas.

Zaenal juga melaporkan bahwa saat ini PMI Jember sudah mempunyai 4 unit ambulance motor atau R2 Emergency Blood Jet dalam upaya melayani kebutuhan darah yang memerlukan waktu yang cepat dan dapat menjangkau ke daerah yang sulit diakses.

“Saat ini kami sudah mempunyai 4 unit R2 emergency blood jet, dimana 3 unit di antaranya merupakan sumbangan dari masyarakat, ini luar biasa apreasiasi masyarakat terhadap urusan kemanusiaan,” jelasnya.

PMI Jember juga sudah mempunyai tim tanggap bencana beserta alat-alatnya. “Kami juga telah membangun koperasi karyawan untuk memback-up kebutuhan keuangan. Koperasi ini lah yang akan mengelola berbagai usaha yang hasilnya akan digunakan untuk karyawan kami,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menjelaskan bahwa ada dua tolak ukur keberhasilan PMI Jember dalam mengelola darah yang telah didonorkan masyarakat.

Dua tolak ukur tersebut disampaikan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR berdasarkan pengalamannya karena juga pernah memimpin PMI.

Pertama adalah kecepatan pelayanan kebutuhan darah bagi mereka yang emergency. PMI wajib melayani kepentingan bank darah di seluruh rumah sakit di Jember, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Kedua, kesinambungan kesediaan darah untuk seluruh golongan terntentu, baik kala hari-hari biasa maupun hari khusus yang bisa meningkat kebutuhan darahnya. “Jangan sampai pendonor kurang,” pesannya.

Bupati Faida juga menyinggung soal profesionalisme. Sikap profesional itu seperti pengelolaan anggaran yang menjadi salah satu bentuk kepercayaan masyarakat.

“Gedung ini adalah suatu bukti keseriusan pengurus PMI dalam mengelolanya, sehingga bisa menuntaskan pembangunan gedung ini,” jelas Bupati Jember, Faida.

Profesionalisme itu juga telah ditunjukkan oleh pengurus PMI Jember, karena sudah berani membuat suatu perubahan yang mendasar, berani membuat audit internal dan eksternal, berani mempertanggungjawabkan secara terbuka.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here