Bawaslu RI Rekomendasi KPU Sumenep Untuk Cermati Data Pemilih Ganda

oleh -37 views
Ketua KPU Sumenep, A. Warits

SUMENEP, Rabu (12/09/2018) suaraindonesia-news.com – Polemik data pemilih ganda untuk Pemilu 2019 masih terus berlanjut. Tak terkecuali di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pasalnya, sebanyak 15.400 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten ujung timur Pulau Madura itu, direkomendasikan untuk dicermati ulang oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI kepada KPU Sumenep.

“Kami menggelar rapat koordinasi dengan Bawaslu Sumenep beberapa waktu lalu. Saat itu Bawaslu menyampaikan sekitar 15.400 DPT ganda. Namun setelah itu kita dapat surat ternyata tidak sampai 15.400,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits.

Menurut Warits, Bawaslu telah menyampaikan data pemilih ganda tersebut. Sehingga melalui surat edaran KPU Sumenep, pihaknya melakukan penelurusan data pemilih ganda tersebut dengan melibatkan beberapa pihak seperti, PPS dan PPK.

Baca Juga: Tahun Baru Islam, Pemkab Pamekasan Gelar Pawai Lampion dan Sholawat Bersama 

“Data pemilih ganda tersebut seluruhnya dilakukan pencermatan. Bahkan sejak kemarin kami sudah melakukan pencermatan di tingkat PPS dan PPK,” terangnya.

Tidak hanya itu, Warits mengaku, juga akan melibatkan Partai Politik (Parpol) untuk membantu melakukan pengecekan dan pencoretan data ganda tersebut.

“Hari ini kita akan melakukan rapat koordinasi dengan Bawaslu, PPK dan juga ada Parpol. Hal ini merupakan langkah kami (KPU) sebagai tindak lanjut,” tukasnya.

Sementara, KPU Sumenep telah menetapkan DPT untuk Pemilu 2019 sebanyak 868.171 dengan penambahan 14.023 pemilih daripada pemilih di Pilgub 2018 kemarin.

Reporter : Syaiful
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *