Bawaslu Minta Panwaslih Cegah Terjadinya Pelanggaran

oleh -102 views

Reporter: Adi Wiyono

Kota Batu, suaraindonesia-news.com – Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta kepada  tiga komisioner  Panitia pengawasan pelilihan (Panwaslih) kota Batu  yang baru dilantik, Sabtu (11/6/2016)  untuk bisa  meminimalisir terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah  (Pilkada ) walikota Batu dan Wakil Walikota Batu 2017. 

Pasalnya Pilkada di Jawa Timur, satu-satunya yang akan  menggelar Pilkada adalah kota Batu, untuk itu pelaksanaan Pilkada  kota Batu akan dijadikan barometer Nasional. 

Ketua Bawaslu, Muhammad  mengatakan banyaknya terjadi pelanggaran   bukanlah jadi ukuran kalau Panwaslih berhasil, tetapi justru sebaliknya Panwas  bisa juga telah gagal  melakukan tindakan  pencegahan terjadinya pelanggaran. 

“Panwaslih  harus bisa melakukan pencegahan terhadap pelanggaran, meminimalisir pelanggaran   ketimbang melakukan tindakan represif atau penindakan” jelas Muhammad  saat menyampaikan pidatonya usai pelantikan  dan  Janji panwaslih kota Batu, 

Ia juga berpesan,  Untuk mensukseskan Pilkada yang berintergritas dan berkwalitas, panwaslih harus  melakukan komunikasi dengan semua fihak  dengan  baik termasuk KPU dan instansi  terkait,  sedang hubungan dengan calon kepala daerah dan Partai politik  harus tetap  terjaga kenetralannya  dalam penyelenggaraan Pilkada dengan adil dan bijaksana. 

“Kami tidak  ingin  berharap kota Batu yang kondusif ini  kemudian timbul gejolak  gara-gara penyelenggara KPU dan panwaslih  memerlakukan tidak netral, dan kami berharap KPU dan Panwaslih hubungan institusi ini tetap harmonis,” ucapnya 

Muhammad juga  meminta kepada KPU dan panwas saling intropeksi, dengan mengedepankan musyawara mufakat, bila ada salah atau kurang tepat hendaknya duduk satu meja, menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah. 

“Jangan sampai  permasalahannya sampai diperkarakan di tingkat  Dewan kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), kalau itu terjadi sungguh  dinilai masyarakat kurang baik,” ucapnya. 

Sementara usai dilantik   3 anggota Panwaslih langsung all out, Sabtu (11/6/2016) malam langsung melakukan pertemuan, dengan memahas  tentang kelengkapan Panwaslih, baik struktur organisasi maupun kelengkapan kantor.

Pertemuan yang di hadiri Bawaslu Pusat, Bawaslu Propinsi, hasil rapat menyangkut kelengkapan kesekretariatan  dan anggaran  akan disampaikan kepada Walikota Batu Eddy Rumpoko, sebab Pilkada kota Batu, biayanya diatnggung melalui APBD kota Batu tahun 2016.

Tinggalkan Balasan