Bawaslu Gelar TOT Panwascam Se-Kabupaten Mamasa

oleh -88 views
Bawaslu gelar TOT untuk Panwascam se- Kabupaten Mamasa

MAMASA, Jumat (22/03/2019) suaraindonesia-news.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamasa menggelar Training Of Trainer (TOT) (Bimtek) bagi Panwascam se-kabupaten Mamasa, di Aula Matana II Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, Jumat (22/03).

Kegiatan ini dalam rangka penguatan kapasitas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan melaksanakan pelatihan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan Saksi peserta Pemilu.

Devisi SDM Bawaslu Kabupaten Mamasa Mamasa Abd. Hafid mengatakan, ditekankan bagaimana Panwascam nantinya memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada PTPS dan Saksi Parpol yang akan bertugas dalam pemilihan pada 17 April mendatang.

“PTPS dan Saksi Parpol akan di Bimtek oleh Panwascam, makanya dalam TOT ini juga memberikan pembelajaran bagi Panwascam agar bisa melaksanakan Bimtek tersebut dengan baik,” terang Hafid.

Ia menjelaskan, PTPS merupakan garda terdepan dalam jajaran Bawaslu yang nantinya secara melekat mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Tentunya mereka juga harus dibekali pemahaman yang kuat tentang tugas pokok dan fungsinya dilapangan, makanya Panwascam ikut TOT, supaya mereka tidak gelabakan dalam pelaksanaan Bimtek,” katanya.

Begitu juga kata Hafid, jika Pemilu sebelumnya, para saksi semua diserahkan ke Partai, namun pada Pemilu tahun ini para saksi diserahkan ke Bawaslu untuk pelatihannya.

“Apa yang kami dapatkan dari mengikuti TOT Bawaslu Provinsi Sulbar beberapa waktu lalu, itu juga yang kami sampaikan kepada Panwascam, materi inilah yang mereka terapkan juga untuk pelatihan seluruh PTPS dan semua saksi parpol nantinya,” pungkasnya.

Hafid menambahkan, pelaksanaan TOT bagi Panwascam ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari yang dimulai pada Jumat-Sabtu 23 maret 2019.

Reporter : Bung Wahyu
Editor : Agira
Publiser : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *