Banjir Bandang di Bumiaji Kota Batu, Porak-porandakan Pemukiman Penduduk dan Lahan Pertanian

oleh -13 views
Foto: Penanganan banjir bandang di wilayah Kecamatan Bumiaji oleh tim gabungan Kota Batu, Jumat (8/12/2023).

KOTA BATU, Jumat (8/12/2023) suaraindonesia-news.com – Sejumlah lahan pertanian dan pemukiman penduduk di wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu diterjang banjir bandang, Jumat (8/12/2023) pada siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Banjir bandang tersebut dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada dilereng Gunung Arjuno.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan kejadian banjir bandang yang terjadi di kecamatan Bumiaji karena disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Bumiaji.

“Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Dusun Junggo, Desa Tulungrejo mengakibatkan banjir luapan di wilayah Desa Bumiaji tepatnya di Sungai Kali Paron,” kata Agung Sedayu.

Akibatnya, luapan air meluber hingga ke jalan dengan dimensi 50 meter dan tertutup lumpur setebal 5cm.

Dampak Kerusakan dan Kerugian, kata Agung Beberapa rumah warga serta perabotan terendam banjir luapan khususnya di Jl. Hasanuddin RT 01 dan RT 02, Dusun Beru Kecamatan Bumiaji.

Baca Juga: Jelang Nataru 2024, Seekor Buaya Liar Tampak ‘Mangkal’ di Kawasan Wisata Carita

Berikutnya, di Jl. Kastubi, Desa Bumiaji tertutup material lumpur, kemudian Jl. Raya Sumbergondo, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji tertutup lumpur setebal kurang lebih 10 cm

“Banjir juga terjadi di Jl. Raya Pandanrejo Depan Kantor Pajak tergenang material banjir luapan sehingga menyebabkan arus lalu lintas dari arah Mang ke Kota Batu dan sebaliknya menjadi terhambat,” kata dia.

Upaya yang dilakukan BPBD kota Batu yakni dengan mengkaji tepat dan Dilakukan buka tutup jalan di ruas Jl. Raya Pandanrejo.

“Kita juga melakukan pembersihan lumpur secara manual maupun alat berat dengan dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup kota Batu,” jelasnya.

“Selain itu, kami melakukan Pembersihan material jalan yang berlumpur oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan melakukan Koordinasi dengan pihak terkait,” ungkapnya.

Langkah yang dilakukan Pemkot Batu, kata Agung yakni dengan memberikan bantuan logistik untuk warga terdampak banjir luapan.

“Kita juga melakukan Normalisasi aliran Sungai Paron dan Normalisasi saluran irigasi oleh dinas terkait,” terangnya.

Personil atau Instansi yang terlibat dalam penanganan banjir bandang tersebut diantaranya BPBD Kota Batu, Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan, TN, POLRI, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Perangkat Desa Bumiaji, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, warga dan organisasi terkait.

Reporter: Adi wiyono
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri