Balai Kota Batu Gelar Penukaran Uang Baru

oleh
Adhang Budi Harsa, koordinator Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu

Reporter: Adi Wiyono
KOTA batu, Rabu (7/6/2017) suaraindonesia-news.com – Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat selama Ramadhan. Pemerintah Kota Batu akan menggelar Pasar Murah, selain Pasar murah di Balai Kota Among Tani (BAT) Pemkot Batu Jalan Panglima Sudirman Juga digelar penukaran uang baru, rencananya akan berlangsung selama empat hari.

“Adapun Pasar Murah di Balaikota Among Tani Batu akan dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 12 -15 Juni 2017. Pasar Murah ini akan dibuka pada sore hari, pukul 15.00 WIB hingga malam. Selama pelaksanaan Pasar Murah, Pemkot menyediakan stan berjualan dan parkir kendaraan gratis, plus disedikan panggung hiburan,” Kata Adhang Budi Harsa, koordinator Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu, Rabu (7/6/2017).

Pasar murah itu dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran. TPID akan melakukan stabilisasi harga-harga kebutuhan pokok serta menggelar pasar murah.

Menurutnya, diantara yang mengikuti Pasar Murah antara lain, Bank Indonesia yang membuka jasa penukaran uang baru, selain itu Pemkot Batu juga menyediakan bawang merah, telor ayam, serta sayur mayur.

Kemudian ada Bulog yang menjual beras, minyak goreng, dan tepung. Kadin Pertanian Batu menjual daging sapi, ikan, daging ayam, telor dan produk hasil pertanian .

Sebelumnya, TPID melihat adanya kenaikan rata-rata 4 persen untuk beberapa bahan kebutuhan pokok. Di antara barang kebutuhan yang mengalami kenaikan yaitu, bawang merah kini harga di pasaran Rp 25.250 per kilogram, bawang putih Rp 44.000 per kilogram. Sedangkan untuk daging masih terpantau stabil yakni, untuk daging ayam Rp 29.750 perkilogram, dan daging sapi Rp 107.250 perkilogram.

”Meskipun rata-rata komoditi mengalami kenaikan, ada juga komoditi yang mengalami penurunan. Diantaranya adalah komoditi cabai merah yang mengalami penurunan 3 persen,” pungkas Adhang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *