Bakesbangpol Sampang Edukasi Masyarakat Pentingnya Cukai dan DBHCHT

oleh -58 views
FOTO :Kegiatan sosialisasi Bidang Cukai dan DBHCHT oleh Bakesbangpol Sampang, pada pengurus dan anggota Parpol, Ormas, dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Omben Sampang. (Foto: Nor/SI).

SAMPANG, Kamis (14/10/2021) suaraindonesia-news.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sampang, terus melakukan edukasi pada masyarakat melalui sosialisasi untuk memberikan wawasan terkait pentingnya Cukai dan DBHCHT. Sehingga, memahami terkait DBHCT dan bisa menyampaikan pada masyarakat sekitarnya.

“Cukai adalah pungutan Negara, dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik sesuai dengan Undang-Undang. Cukai merupakan penerimaan Negara untuk mewujudkan kesejahteraan, keadilan dan keseimbangan,” terang Kepala Bakesbangpol Sampang Anang Djonaedi melalui Sekretaris Bakesbangpol Ahmad HusairiHusairi, saat sosialisasi ketentuan di Bidang Cukai dan DBHCHT di pendapa Kecamatan Omben, Kamis (14/10/2021), kemarin.

Dijelaskannya, karakteristik khusus yang dimaksud yaitu sifat barang. Dimana, dalam pemakaiannya bisa memberikan dampak negatif terhadap lingkungan hidup dan masyarakat umum. Seperti, rokok, minuman keras, tembakau, dan bensin.

“Dengan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi alokasi DBHCHT di Kabupaten Sampang, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat terkait pemberantasan rokok ilegal,” pungkasnya.

Husairi juga menyampaikan, penggunaan DBHCHT diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan nomor 206/PMK.07/2020, tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBHCHT. Sesuai peraturan tersebut, 50% digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, 25% digunakan untuk penegakan hukum, dan 25% digunakan untuk kesehatan.

Plt Camat Omben Wifaqi, menjelaskan sisialisasi ini melibatkan anggota dan pengurus Parpol, Ormas dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Omben. Wifaqi menjelaskan terkait arti Beacukai. Bea merupakan pungutan yang diberlakukan bagi barang yang terkait dengan kegiatan ekspor impor. Sedangkan Cukai, merupakan pungutan yang dikelola oleh Negara dan diberlakukan pada barang-barang tertentu yang memiliki sifat dan karakteristik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang terkait Cukai.

Sementara Zainul Arifin, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC Tipe Madya Pabean C Madura, menyampaikan, dasar hukum kegiatan DBHCHT, yakni Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 66/PMK.04/2018, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020. Dan Bea Cukai Madura tidak pernah berhenti mengedukasi masyarakat untuk terus bersama-sama turut andil mengurangi angka rokok ilegal.

“Selain itu, dilaksanakannya kegiatan ini diharap mampu menambah wawasan masyarakat terkait ketentuan di bidang Kepabeanan dan Cukai,” paparnya.

Dijelaskannya, kontribusi cukai bagi Negara, yang salah satunya membiayai kegiatan atau program. Peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan indrustri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, pemberantasan barang kena cukai (BKC) ilegal.

Terakhir ia memaparkan, dalam Laporan Panitia Kerja (Panja) Asumsi Dasar, Pendapatan, Defisit, dan Pembiayaan dalam Rangka Pembicaraan Tingkat 1/Pembahasan RUU Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022 Beserta Nota Keuangan. Pemerintah akan mengenakan cukai untuk minuman bergula dalam kemasan (MBDK). Hal ini mulai berlaku pada 2022 mendatang. Selain produk MBDK, pemerintah juga akan mengenakan cukai untuk produk plastik sekali pakai. Hal ini khususnya kantong belanja plastik dan olahan plastik.

Tampak hadir, kegiatan sosialisasi tersebut, Kepala Bakesbangpol Sampang Anang Djonaedi diwakili Sekretaris Bakesbangpol Ahmad Husairi, Plt Camat Omben Wifaqi, Zainul Arifin, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC Tipe Madya Pabean C Madura, Aiptu Sujianto, SH Kanit II Pidek Polres Sampang, Agus Utomo Bagian Perekonomian dan SDA Pemkab Sampang, Abdul Rahem, Kabid HAL Bakesbangpol, Bambang Maryono, Kasubid Lembaga Partai Politik dan Kemasyarakatan Bakesbangpol, Fathor Rasyid Kasubid Deteksi Dini Bakesbangpol, Forkopimcam Kecamatan Omben dan undangan Sosialisasi dari Parpol, Ormas dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Omben.

Reporter : Muh. Nora
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *