Bagikan Daging Kurban, Warga di Jember Gunakan Wadah Ramah Lingkungan

oleh -36 views
Daging kurban dibungkus daun jati kemudian dimasukkan ke dalam besek yang terbuat dari bambu menjadi langkah warga Jember, Nuki untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Minggu (11/8/2019) suaraindonesia-news.com – Demi mengurangi pencemaran lingkungan, seorang warga di Jember memilih menggunakan wadah ramah lingkungan dalam pembagian daging kurban.

Daging kurban ditimbang masing-masing setengah kilogram, lalu dibungkus dengan daun jati kemudian dimasukkan ke dalam besek bambu untuk selanjutnya didistribusikan kepada warga sekitar.

“Kami menggunakan besek bambu dan daun jati ini untuk menghindari pencemaran lingkungan. Kami juga meminta kepada masyarakat tolong hindari penggunaan kantong plastik karena akan mencemari lingkungan kita,” ucap warga Jember, Wahyu Prayudi Nugroho yang berkurban 8 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 1440 hijriyah ini.

Pria yang akrab dipanggil Nuki mengatakan, dengan menggunakan besek dan daun jati membuat daging lebih tahan lama kualitasnya dan lebih terjaga rasanya.

“Daging kurban ini selanjutnya kami bagikan kepada yang berhak, masyarakat di Kelurahan Baratan Kec. Arjasa, juga di Kalisat,” tambahnya.

Nuki mengajak kepada warga yang mampu untuk juga berkurban sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

“Hikmahnya dengan berkurban ini, kita melaksanakan perintah Allah SWT, berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Kita harus yakin rejeki ini datangnya dari Allah, jadi jangan khawatir,” pesannya.

Sementara itu warga Kelurahan Baratan penerima daging kurban, Sri Wahyuningsih mengatakan penggunaan besek maupun daun jati tidak hanya bagus untuk menjaga kualitas daging, juga bisa digunakan kembali sebagai wadah serbaguna.

“Dengan wadah besek dan daun jati ini, dagingnya lebih segar, selain itu beseknya bisa dipergunakan kembali sebagai wadah bumbu dapur dan wadah lainnya,” ujar Sri.

Untuk diketahui, Imbauan tidak menggunakan kantor plastik merupakan kampanye nasional pemerintah bertajuk ‘Kendalikan Sampah Plastik’, pemerintah meminta masyarakat menggunakan besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, daun jati dan daun pisang sebagai wadah daging kurban yang ramah lingkungan.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *