Asosiasi Kepala Desa Ngluruk Kantor BPN

oleh -46 Dilihat
Zulkifli koordinator aksi

Jember,SuaraIndonesia-news.comPuluhan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Kepala Desa (AKD) kabupaten jember, selasa (30/14) yang di prakarsai oleh ketua AKD jember, zulkifli kades sukowono, mereka ngluruk kantor badan pertanahan nasional (BPN).

Aksi tersebut di ikutisekitar 30 kordinator kepala desa, mereka melakukan aksi protes atas kebijakan BPNyang di nilai menghina kinerja perangkat desa.

Zulkifli, kepada awak media menyatakan, pertanggal 5 september yang lalu BPN menerapkan sistem pengukuran tanahdi ambil alih oleh pihak BPN jember, sedangkan perangkat desa bertindak sebagai saksisudah puluhan tahun pihak perangkat desa mempunyai tugas mengukur tanah.jika hal ini di ambil alih oleh pihak BPN, sama saja dengan menghina kinerja perangkat desa, karena di anggap kinerja perangkat desa selama ini dalam hal pengukuran tanah tidak becus.

Belum lagi keterbatasan personalbagian pengukuran tanah di pihak BPN hanya 8 orang, sedangkan proses pengukuran tanahyang di lakukan hampir 248 desayang tersebar di wilayah kabupaten jember.hampir setiap hari ada sekitar 500 proses pengukuran tanah, apa mungkin pelayanan dari pihak BPN bisa maksimal.Papar zulkifli.

Maka dari itu’’terang zulkifli’’pihak AKD menolak keras dengan kebijakan pihak BPN yang di anggap sepihak, jika ini kebijakan dari BPN RI, akan kita hormati, namun bila kebijakan ini sifatnya lokal ya akan kita protes keras, terangnya.

Selain masalah proses pengukuran tanah, biaya pembuatan surat hibah yang menurut informasi yang akan di terapkan di kabupaten jember dengan biaya beban 10 permeter, hal tersebut di nilai menyengsarakan masyarakat kecil, bagaimana mungkin orang tua yang memberikan warisan kepada anaknya di kenakan biaya hibah sebesar itu. jangankan untuk membayar hibah, untuk memenuhi biaya balik nama serta akte jual beli saja sebesar 1.000.000, sudah banyak masyarakat yang terbebani. Sambung kifli.

Setelah menunggu lama protes dari AKD tersebut, kemudian di terima oleh pihak BPN, mereka di temui oleh kepala BPN jember joko. pihak BPN melalui khusnun irfani, salah satu kasi bidang pengukuran tanah kepada awak media khusnun menjelaskan protes dari AKD akan di terima sebagia masukan hingga batas waktu sampai januari 2015. pungkasnya.{dik}

Tinggalkan Balasan