APBD Kota Batu 2020, Rp 1 Triliun

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko.

KOTA BATU, Kamis (28/11/2019) suaraindonesia-news.com – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu tahun anggaran 2020 yang telah disahkan DPRD Kota Batu dalam sidang paripurna, Senin (25/11) lalu mencapai Rp 1,048 triliun. Dengan rincian Pendapatan asli Daerah (PAD) sebesar Rp 207 miliar, dana perimbangan Rp 649,5 miliar, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp Rp 143,5 miliar.

Sedangkan dari sisi belanja, dana Rp 1,048 triliun tersebut nantinya untuk belanja tidak langsung sebesar Rp 538,7 miliar, belanja langsung Rp 476,6 miliar. Berdasarkan komposisi pendapatan dan belanja tersebut, maka diperoleh perhitungan defisit anggaran sebesar Rp 15,3 miliar.

“Proses pembahasan dan penyelarasan terhadap Raperda APBD Kota Batu tahun anggaran 2020 telah dilakukan dengan penuh kesungguhan antara Badan Anggaran DPRD Kota Batu dan Tim Anggaran Pemerintah Kota Batu bersama SKPD,” Kata Dewanti Rumpoko Walikota Batu.

Ia bersyukur Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD tahun anggaran 2020 dapat ditetapkan dan tidak melewati batas waktu yang ditentukan. Ia juga mengucapkan berterima kasih kepada Banggar DPRD kota Batu dan Tim Anggaran yang telah bekerja keras sehingga tahapan penyusunan RAPBD tahun anggaran 2020 dapat dituntaskan.

Dewanti juga mengungkapkan, jika setelah dilakukan penetapan terhadap RAPBD 2020, langkah selanjutnya adalah menyampaikan dokumen RAPBD tahun 2020 kepada Gubernur Jatim untuk dilakukan evaluasi dan penyelerasan dengan program kegiatan prioritas Provinsi Jatim maupun nasional.

“Dengan evaluasi tersebut, diharapkan ada keselarasan dan keserasian antara program Pemkot Batu dengan Pemprov Jatim dan nasional,” jelasnya.

Lanjutnya, proses pembahasan dan penyelerasan RAPBD tahun angaran 2020 lebih diarahkan pada pencapaian target sasaran kinerja yang telah ditetapkan, baik kinerja daerah maupun kinerja perangkat daerah melalui program prioritas yang sudah siap perencanaannya yang diorientasikan untuk kepentingan masyarakat.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Oca


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here